Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Only available on StudyMode
  • Pages : 8 (2294 words )
  • Download(s) : 459
  • Published : June 7, 2010
Open Document
Text Preview
Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pertumbuhan Ekonomi

ABSTRAK
Makalah bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Makalah ini mengkaji beberapa hasil studi penelitian ataupun artikel untuk mengkonfirmasi terdapatnya hubungan positif antara TIK dan pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya makalah ini diorganisasi menjadi bagian pendahuluan, pembahasan, dan diakhiri dengan bagian penutup yang terdiri dari kesimpulan serta rekomendasi.

I. PENDAHULUAN
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. TIK sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi negara secara menyeluruh. Dengan kemajuan TIK, perekonomian akan menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Dengan penggunaaan teknologi yang maju, akan mempersingkat proses transaksi melalui sistem transfer. dalam hal ini transfer bukan hanya mempersingkat waktu pengiriman, tetapi juga akan memperkecil biaya, sehingga keuntungan dapat meningkat. 

II. PEMBAHASAN
II.1.Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan terus membuka peluang baru  dalam efisiensi dan kemampuan di berbagai sektor industri kunci. Adapun beberapa sektor industri kunci tersebut adalah kesehatan,  pendidikan, keuangan, dan e-government dimana dampak TIK dirasakan paling signifikan.

a.Keberlanjutan Ekonomi :
Efisiensi TIK dapat berfungsi untuk membantu memenuhi tantangan low-carbon global economic growth. Sebuah studi baru-baru ini menyatakan bahwa industri yang telah menerapkan TIK dapat memberikan sekitar 7,8 GtCO2e tabungan emisi pada tahun 2020, jauh di bawah standar yang direkomendasikan dan dengan penghematan biaya sekitar € 600 milyar.

b.Pendidikan :
Dengan perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara peserta didik dengan pendidiknya, melihat nilai peserta didik secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal pelajaran, mengirimkan berkas tugas yang diberikan pendidik dan sebagainya. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik. Dengan media internet, sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara pendidik  dan peserta didik baik dalam bentuk real time ataupun tidak. Melalui bentuk real time dapat dilakukan dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Bentuk tidak real time dapat dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board.  Dengan cara di atas interaksi pendidik dan peserta didik di kelas dapat digantikan walaupun tidak secara utuh. Melalui web, bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diwujudkan. Materi pendidik dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh peserta didik. Ujian dan kuis yang dibuat oleh pendidik dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Urusan administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi, di dukung dengan metode pembayaran online. 

c.e-government :
e-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi...
tracking img