Cleaning in Place & Out of Place

Only available on StudyMode
  • Pages : 10 (2712 words )
  • Download(s) : 4761
  • Published : August 20, 2009
Open Document
Text Preview
SISTEM CLEANING IN PLACE (CIP)

Sistem CIP (Cleaning In Place) terdiri dari peralatan, pipa-pipa, dan sistem otomatis yang mengatur sirkulasi dari proses pembersihan dan sanitasi melalui pipa-pipa dan peralatan pengolahan pangan yang dijadikan target. Sistem CIP dirancang dan dioperasikan agar dapat melakukan pembersihan terhadap peralatan dan pipa-pipa sehingga sesuai dengan standar yang dikehendaki tanpa harus melakukan pembongkaran dan perakitan kembali pada pipa-pipa atau peralatan tersebut.

Keuntungan dan Kerugian
Keuntungan dalam menggunakan sistem CIP meliputi ; kuntungan berupa biaya dan reliabilitas yang didapat dari pengurangan kerja secara manual setelah berkurangnya resiko kontaminasi kembali pada saat peralatan dirakit kembali setelah proses pembersihan dan sanitasi selesai dilakukan. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, ada 3 faktor yang harus dipertimbangkan, jika tidak akan terjadi kerugian yang berupa peningkatan biaya dan terjadinya masalah yang lebih rumit. Tiga factor tersebut diantaranya :

Merancang system CIP dengan benar : Hal ini dapat menjamin bahwa pabrik telah bersih, selain itu dapat mencegah kasus kontaminasi bahan kimia pada produk sampingan, kelebihan limbah, dan resiko yang diakibatkan pelaksanaan pembersihan yang kurang tepat. •Merancang system proses dengan benar. Sistem proses harus dirancang secara khusus agar dapat melakukan pembersihan secara otomatis. •Pemeliharaan yang sesuai. Pemeliharaan system CIP yang kurang baik dapat meningkatkan resiko kontaminasi akibat dari kelalaian pembersihan yang pada saat digunakan system otomatis, menjadi kurang diperhatikan (misalnya pada peralatan yang jarang dibongkar). Persyaratan penting yang harus dilakukan meliputi: pemeliharaan pompa, kalibrasi alat secara teratur, kalibrasi kembali dan pemeliharaan katup/kran secara periodic. Saran dari para ahli diperlukan untuk membantu mengidentifikasikan tindakan pemeliharaan terhadap system CIP Prinsip Higienitas Untuk Sistem CIP

Proses cleaning yang efektif tergantung pada empat faktor utama yaitu waktu, temperatur, konsentrasi dan daya mekanis. 1. Waktu : Umumnya lebih dari satu jam tergantung dari kuantitas dan konsentrasi dari larutan pembersih yang digunakan. 2. Temperatur : Keefektifan dari proses cleaning sangat tergantung pada pemilihan temperatur. Temperatur yang ekstrim akan membakar kotoran sehingga akan sulit untuk dibersihkan. Temperatur yang rendah akan mengurangi efektifitas pembersihan sehingga kotoran tersebut tidak dapat dibersihkan dengan sempurna. Sistem CIP harus dapat memonitor dan mempertahankan temperatur larutan dalam setiap bagian sistem, mulai dari siklus cleaning hingga mencegah sistem produksi jika sistem tidak dapat membersihkan dengan baik. 3. Konsentrasi (bahan pembersih kimia dan sanitizer) : konsentrasi dari bahan pembersih/sanitizer harus dipertahankan dalam kisaran tertentu. Sistem harus mencegah proses produksi jika konsentrasi tidak dapat dipertahankan dalam kisaran yang telah ditentukan. Konsentrasi bahan pembersih/sanitizer yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak akan membersihkan pabrik dengan efisien. 4.Daya mekanis. Untuk mencapai kebersihan yang memenuhi syarat , permukaan pipa maupun peralatan harus kontak dengan cairan pembersih dengan daya mekanis yang cukup. Hal ini dicapai dengan mensuplai cairan pembersih dengan kecepatan fluida rata-rata 1,5 m/s – 3 m/s dan memastikan waktu kontak yang sesuai dengan cairan pembersih. Kecepatan aliran cairan yang dibutuhkan akan sangat bervariasi berdasarkan ukuran actual dari pipa yang digunakan dalam pipework, atau ukuran dari peralatan.

Tipe Sistem CIP
Terdapat dua tipe dari system CIP yaitu :
1. Tipe Single Use : pada tipe ini, larutan pembersih tidak digunakan kembali dan tipe ini terbatas hanya pada sistem yang relatif kecil (misalnya yang hanya melayani satu atau dua peralatan dan pipework yang terhubung). Umumnya digunakan untuk membersihkan kotoran berat dan proses-proses kritis...
tracking img