Acounting for Derivatives

Only available on StudyMode
  • Pages : 11 (2349 words )
  • Download(s) : 410
  • Published : February 22, 2011
Open Document
Text Preview
Accounting For Derivatives

Menurut GAAP, semua derivatif harus dinilai pada nilai yang wajar dan dicatat sebagai aktiva atau kewajiban dalam neraca. Kecuali untuk derivatif yang ditunjuk sebagai hedges, keuntungan dan kerugian terkait dengan perubahan dalam nilai wajar dari derivatif harus dilaporkan sebagai bagian dari pendapatan bersih setiap tahun. Menurut peraturan tersebut, investor diberi informasi tentang nilai-nilai derivatif dan keuntungan dan kerugian yang timbul dari perubahan dalam nilai-nilai tersebut.

Menurut PSAK no 55 paragraf 2 :
Dalam pernyataan standar akuntansi ini, terdapat empat hal yang mendasari perlakuan akuntansi atas instrumen derivatif sebagai berikut: a. Instrumen derivatif merupakan hak atau kewajiban yang memenuhi definisi aktiva atau kewajiban, sehingga instrumen derivatif harus dilaporkan dalam laporan keuangan. b. Nilai wajar merupakan dasar pengukuran yang paling relevan bagi instrumen keuangan dan karenanya merupakan satu-satunya dasar pengukuran nilai instrumen derivatif yang relevan. Instrumen derivatif harus dinyatakan sebesar nilai wajar, dan penyesuaian terhadap nilai tercatat aktiva atau kewajiban yang dilindungi harus menggambarkan perubahan nilai wajar (laba atau rugi) aktiva/kewajiban yang bersangkutan akibat risiko yang dilindungi dan yang terjadi pada saat lindung nilai berlaku. c. Hal-hal yang dapat dilaporkan dalam laporan keuangan hanyalah hal-hal yang memenuhi definisi aktiva dan kewajiban. d. Akuntansi khusus untuk aktiva atau kewajiban yang dilindungi hanya dapat diterapkan untuk transaksi yang memenuhi persyaratan (qualifying items). Salah satu persyaratan adalah pertimbangan atas perkiraan terjadinya saling hapus (offset) yang efektif terhadap perubahan nilai wajar atau risiko arus kas yang dilindungi/item yang dilindungi selama periode lindung nilai.

Hedge Accounting

Seperti yang telah diterangkan di atas, keuntungan dan kerugian yang berhubungan dengan perubahan dalam value of hedges tunduk pada aturan akuntansi khusus. Hedge (lindung nilai) adalah derivatif yang nilainya bergerak dalam arah yang berlawanan dari item yang dilindungi. Contohnya, pemilik tambang tembaga, kontrak untuk menjual tembaga di masa depan untuk $ 1 akan meningkatkan nilai jika harga tembaga di kemudian hari menurun dan penurunan nilai jika harga tembaga di kemudian hari meningkat. Dengan cara ini, setiap keuntungan atau kerugian dari kontrak tembaga tersebut akan mengimbangi perubahan dalam nilai tambang tembaga pemilik persediaan.

Menurut pernyataan 133, ada tiga tipe hedges yang diakui untuk tujuan pelaporan keuangan, yaitu fair value hedge, a cash flow hedge, dan a foreign currency hedge. Jika hedge (lindung nilai) yang ditunjuk oleh perusahaan sebagai salah satu jenis hedges, hal tersebut menjadi pokok persoalan pada aturan akuntansi lindung nilai khusus

Fair Value Hedges

Fair value hedge adalah hedge yang telah ditunjuk oleh perusahaan untuk melindungi terhadap perubahan-perubahan dalam nilai wajar dari aktiva dan kewajiban yang ditetapkan.

Menurut PSAK no 55 paragraf 29:
Suatu entitas dapat memperlakukan instrumen derivatif sebagai lindung nilai atas risiko perubahan nilai wajar aktiva atau kewajiban atau porsi tertentu yang diidentifikasi (transaksi/saldo yang dilindung nilai) disebabkan oleh risiko tertentu. Contohnya, sebuah perusahaan dengan hutang obligasi mungkin ingin melakukan lindung nilai (hedges) terhadap kemungkinan perubahan masa depan nilai obligasi karena perubahan suku bunga.

Menurut GAAP, setiap keuntungan atau kerugian dari perubahan nilai akan fair value hedge termasuk ke dalam pendapatan bersih. Bagaimanapun, setiap perubahan nilai dari hedge asset or liability juga termasuk ke dalam pendapatan bersih dalam mengimbangi efek keuntungan atau kerugian pada hedge (lindung nilai).

Aturan akunting ini memerlukan hedge asset or liability untuk dicatat dalam nilai wajar pada neraca. Biasanya meningkatkan nilai buku...
tracking img