Akuntansi

Only available on StudyMode
  • Pages : 7 (1411 words )
  • Download(s) : 829
  • Published : November 25, 2010
Open Document
Text Preview
Sumber  Utama (Scott, Bab 1 dan Bab 2). 
Outline  Kuliah:
* Lingkungan Akuntansi
* Peran Riset Akuntansi
* Asimetri Informasi
* Masalah Fundamental Akuntansi
* Kondisi Ideal dengan Kepastian
* Kondisi Ideal dengan Ketidakpastian
 
KULIAH  3 
AKUNTANSI DALAM KONDISI IDEAL
* Lingkungan akuntansi  dan pelaporan keuangan sangat kompleks karena  produk akuntansi adalah informasi, komoditas  yang berpengaruh dan penting. Kompleksitas  tersebut dipengaruhi oleh dua hal:  

* (1) Tidak semua  orang memiliki reaksi yang sama terhadap  informasi. Ada investor yang bereaksi positif  terhadap informasi karena informasi dianggap  membantu dalam memprediksi kinerja perusahaan.  Ada investor yang bereaksi kurang positif  terhadap informasi karena informasi tidak bisa  diandalkan atau karena informasi tersebut bersifat  historis.   

* (2) Informasi  keuangan tidak hanya mempengaruhi keputusan  individual, melainkan juga mempengaruhi operasi  pasar, seperti pasar sekuritas dan pasar  tenaga kerja. Operasi pasar yang tepat  perlu untuk efisiensi ekonomi.   

 Lingkungan  Akuntansi
* Apa peranan riset  akuntansi? Ada dua peran teori akuntansi,  yaitu mendeskripsikan (describe) akuntansi agar  bisa dipahami dan memprediksi (predict) apa  yang akan dilakukan oleh pasar. Peranan  riset ini dapat dilihat dari dua hal: * (1) Riset akuntansi meningkatkan praktik akuntansi. Misalnya, peningkatan disklosur dalam 25 tahun terakhir tidak datang begitu saja, melainkan karena hasil riset tentang pengambilan keputusan investor dan teori pasar modal. Hasil riset ini membantu akuntan untuk menentukan informasi apa yang harus disediakan bagi investor.  

* (2) Riset akuntansi untuk memperbaiki pemahaman kita tentang lingkungan akuntansi. Misalnya, hasil riset tentang agency theory dapat meningkatkan pemahaman tentang kepentingan manajer terhadap pelaporan keuangan dan peran compensantion plan dalam memotivasi manajemen. Hasil riset membuat kita memahami mengapa ada manajer berkeinginan memanipulasi laporan.  

 
Peran  Riset Akuntansi
* Apa yang dimaksud  dengan asimetri informasi? 
 
* Asimetri informasi adalah ketidakseimbangan informasi yang terjadi karena ada pihak yang dapat memperoleh dan memanfaatkan informasi untuk kepentingannya sedangkan pihak lain tidak dapat memperoleh informasi yang sama.  

Asimetri  Informasi
* Ada dua jenis  asimetri informasi, yaitu:
 
* (1) Adverse selection,  yaitu jenis asimetri informasi di mana  ada pihak yang terkait dengan transaksi  perusahaan yang memiliki manfaat informasi  sedangkan pihak lain tidak memiliki manfaat  informasi yang sama. Hal ini dapat dilakukan  oleh manajer atau orang dalam perusahaan  dengan mengendalikan penyerahan informasi kepada  investor sesuai dengan kepentingannya. Untuk  mengatasi permasalahan adverse selection, manajer  harus menyebarkan informasi dalam kepada pihak  lain secara bersamaan dan merata.    

* (2) Moral hazard, yaitu jenis asimetri informasi di mana ada pihak yang terkait dengan transaksi perusahaan yang dapat mengamati secara langsung berjalannya transaksi tersebut, sedangkan pihak lain tidak dapat melakukan yang sama. Hal ini dapat terjadi karena adanya pemisahan kepemilikan dan pengendalian terhadap perusahaan. Pemilik dan kreditor tidak mungkin dapat secara langsung mengamati berjalannya transaksi perusahaan. Ada dua cara untuk mengendalikan masalah moral hazard. Pertama, laba bersih dapat dijadikan sebagai dasar penentuan kompensasi manajer. Kedua, laba bersih dapat menggambarkan kondisi pasar sekuritas dan pasar tenaga kerja perusahaan, sehingga manajer yang lalai akan mengakibatkan laba bersih perusahaan menurun, reputasi manajer yang jelek, dan nilai pasar sekuritasnya menurun.  

 
Asimetri  Informasi
* Apa masalah fundamental  teori akuntansi keuangan?  
* Masalah fundamental  teori akuntansi keuangan adalah bagaimana melakukan ...
tracking img