Ifas, Efas Lion Wings

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1622 words )
  • Download(s) : 1296
  • Published : June 24, 2010
Open Document
Text Preview
ANALISIS IFAS DAN EFAS PT. LION WINGS

A. Latar Belakang PT. Lion Wings

PT. Lion Wings semula adalah perusahaan home industry bernama Fa Wings yang didirikan oleh Johannes Ferdinand Katuari (Oen Jong Khing) dan kerabatnya Harjo Sutanto (Tan Siek Miauw) pada tahun 1948. Mula-mula membangun pabrik kecil di pinggiran Surabaya dengan memproduksi sabun cuci detergen (sabun colek) dengan merek Wings yang hingga saat ini masih tetap diabadikan sebagai corporate brandnya.

Sejak tahun 1971 sampai dengan 1980 sebenarnya telah mengembangkan beberapa perusahaan sabun dan detergen, namun masih belum banyak dikenal masyarakat. Titik balik kebangkitan perusahaan ini baru terjadi sejak Fa Wings berganti nama dengan PT. Wings Surya, dengan merambah pada beberapa sektor bisnis. Walaupun demikian, core bisnisnya tetap pada industri sabun. Pada tahun 1981, PT. Wings Surya bekerja sama dengan perushaan Jepang Lion Corporation yang sudah berdiri sejak 1891. Sejak mereka bergabung perusahaan berganti nama dengan PT. Lioninjaya dan sukses menembus pasar ekspor.

Seiring dengan perubahan komposisi kepemilikan saham, tahun 2004 PT. Lioninjaya berganti nama dengan PT. Lion Wings dan menjadi kerajaan bisnis yang beranak pinak membawahi 70 perusahaan dan menembus 90 negara dengan total karyawan mencapai 12 ribu orang lebih. Meskipun telah merambah berbagai usaha mulai perbankan, makanan minuman, perkebunan dan property, namun bisnis utamanya adalah tetap pada bidang toileters (sabun, pembersih lantai, pembersih porselin, shampo dll).

B. Posisi PT. Lion Wings dengan para Pesaingnya

PT. Lion Wings merupakan perusahaan lokal yang cukup besar di Indonesia. Pada awalnya, arah pengembangan produk Wings mengikuti (follower) pesaing utamanya yaitu Unilever. Kemanapun raksasa global itu bergerak, Wings selalu membayangi (me too). Kini setidaknya ada 20 produk Unilever dan Wings yang saling bertarung di pasar. Antara lain deterjen, sabun mandi, pelembut pakaian, pasta gigi, dan pembersih lantai. Pada kategori deterjen, terjadi persaingan sengit antara Wings dengan Unilever. Unilever memprodukai Rinso dan Wings meluncurkan So Klin. Kemasan So Klin dibuat mirip Rinso dengan harga 25% lebih murah dibandingkan Rinso. Pada tataran iklan, So Klin juga menambahkan kata-kata keunggulannya yaitu “So Klin tidak panas di tangan”. Akhirnya secara perlahan namun pasti So Klin menggerogoti pangsa pasar Rinso. Unilever yang merasa turun pangsa pasarnya, mengeluarkan strategi dengan membuat Varian Rinso: Rinso Warna dan Rinso Anti Noda. Strategi ini ditiru/diikuti juga oleh Wings dengan meluncurkan So Klin Higienis dan So Klin Powe. Kedua produk deterjen ini sampai sekarang terus bertarung menarik konsumen pada setiap segmen masyarakat. Pada kategori pasta gigi Unilever mengeluarkan produk Pepsodent, ini diikuti oleh Wings dengan produk Ciptadent. Pada pasta gigi anak, Unilever mengeluarkan Pepsodent Yunior sedangkan Wings mengeluarkan Kodomo. Pada segmen remaja, Unilever mengeluarkan Close-Up sedangkan Wings mengeluarkan Smile-Up. Demikian juga pada sikat gigi, antara keduanya juga saling bersaing cukup sengit. Pada sabun mandi, Unilever mengeluarkan Sabun Livebuoy yang secara kemasan dan warna diikuti Wings dengan produk Nuvo dengan berbagai variannya. Di segmen sabun kecantikan Unilever tetap unggul dengan Lux-nya, walaupun diikuti Wings dengan Giv. Demikian juga produk pembersih lantai ada Super Pell dari Unilever dan ada So Klin Pembersih Lantai. Produk perapi pakaian ada Trika yang ditiru Rapika dari Wings. Sedangkan pelebut pakaian ada Molto yang diikuti Wings dengan produk Softener So Klin. Terakhir Sampo Clear disaingi Wings dengan Zinc. Secara umum hampir semua produk yang dikeluarkan Wings mirip dengan Unilever, baik dari fitur, kemasan maupun harganya. Hal ini dapat dilihat pada table berikut: Persaingan Produk Wings dengan Merek Lain

Lini Produk| Merek Grup Wings| Merek Pesaing|
Sabun Mandi| Giv, Nuvo| Lux, Lifebuoy|
Sabun Cuci |...
tracking img