Southwest Airlines

Only available on StudyMode
  • Pages : 4 (834 words )
  • Download(s) : 110
  • Published : June 16, 2010
Open Document
Text Preview
Southwest Airlines, yang mulai sebagai maskapai kecil Texas pada tahun 1971, telah tumbuh menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Amerika Serikat pada tahun 2004. Selama lebih dari tiga decade, keuntungan kompetitif Southwest berasal dari model bisnis yang unik dan dibarengi dengan gaya manajemen yang tidak ortodoks, terutama mantan CEO Herb Kelleher. Metode negosiasi yang tidak biasa ini adalah alasan utama untuk rekor keuntungan selama 31 tahun berturut-turut.

Sejarah

Rollin King mantan penasihat investasi yang sudah mengoperasikan taksi udara kecil di texas mendirikan Southwest Airlines pada tahun 1967. Pada Akhir 1960-an, Houson, Dallas, San Antonio, dan Fort Worth adalah kota-kota yang memiliki pertumbuhan yang tercepat di Amerika. Dalam pembicaraan dengan konsumen sebelum memulai usaha Southwest, King terkejut dengan jumlah ketidakpuasan pelanggan dengan layanan saat ini dan menemukan bahwa pasar lebih besar daripada yang disadari. Akhirnya bersama pengacaranya, Herb Kelleher, King mengumpulkan dana dan memperkerjakan Lamar Muse sebagai presiden dan CEO Southwest, untuk menyediakan penerbangan diantara kota-kota tersebut. Pada tahun 1972 terjadi perang tariff antar maskapai penerbangan, dan dalam waktu itu Southwest Airlines berhasil mendapatkan keuntungan secara konsisten dengan mengungguli para pesaingnya.

Herb Kelleher

Adalah pengganti Lamar Muse, presiden dan CEO Southwest Airlines yang mengundurkan diri pada Maret 1979. Kelleher dikenal sebagai orang dibalik kesuksesan penerbangan karena promosi dan pengaturan budaya yang disukai orang dan strategi bisnis koheren yang konsisten dan sederhana.

Operasi

Start – up

Southwest memutuskan untuk menggunakan pesawat Boeing 737-200 karena dengan menggunakan pesawat tersebut Southwest hanya mempekerjakan sedikit kru dan awak penerbangan dibanding dengan yang digunakan oleh pesaing Southwest. Biaya perawatan juga lebih murah karena harus memperbaiki satu tipe pesawat....
tracking img