Preview

Anlene Strategy

Powerful Essays
Open Document
Open Document
3162 Words
Grammar
Grammar
Plagiarism
Plagiarism
Writing
Writing
Score
Score
Anlene Strategy
Executive Summary ANLENE adalah produk susu berkalsium dari PT. Fonterra Brands yang kini menguasai pangsa pasar Indonesia hingga 60%, namun pada Februari 2009, PT. Fonterra Brands meluncurkan produk baru. Produk Anlene One A Day, di mana menurut PT. Fomterra Brands produk ini adalah produk susu cair dengan kalsium emapt kali lebih tinggi dibanding susu biasa. PT. Fonterra Brands meluncurkan produk ini karena berdasarkan penelitian yang mengatakan bahwa faktanya kebanyakan wanita Indonesia hanya memenuhi 50% kebutuhan harian kalsium mereka (hasil riset dari SEAMEO TROPMED Regional Center for Community Nutrition, University of Indonesia dan Univerisity of Otago, New Zealand). Dengan berbagai macam yang dilakukan pihak PT. Fonterra Brands diharapkan dapat meningkatkan market share Anlene dari 60% menuju 70%. Dalam paper ini akan di bahas mengenai kegiatan dan penjelasan yang dilakukan PT. Fonterra Brands khususnya produk Anlene One A Day. Mulai dari Segmentasi pasar yang dilakukan, Targeting, Positioning produk, Creative Strategy, Creative Tactics, Media yang digunakan khususnya advertising media, dan juga media online yang digunakan oleh pihak marketingnya.

I. SEGMENTING AND TARGETING Segmenting atau segmentasi artinya adalah memilah konsumen berdasarkan kesamaan, kebutuhan. Dari segmentasi inilah dikembangkan segmentasi pasar yang artinya adalah kegiatan membeda-bedakan konsumen dan membagi konsumen ke dalam beberapa kelompok yang memiliki kesamaan, kebutuhan, berdasarkan variable dan menjadi strategi yang dirancang untuk mengalokasikan sumber daya pemasaran kepada segmen yang telah di definisikan (Kottler, 1996). Segmentasi lah yang akan menjadi dasar untuk menentukan langkah dalam menentukan strategi pemasaran. Segmentasi juga menjadi kunci untuk mengalahkan pesaing, karena segmentasi memungkinkan perusahaan mendapat gambaran yang jelas mengenai kompetisi yang ada serta menentukan posisi pasar perusahaan (Kotler, Kartajaya, Huan dan Liu,



References: www.anlene.com http://www.facebook.com/anleneoneaday?ref=ts#!/anleneoneaday?v=wall&ref=ts http://mix.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=385&Itemid=130 http://mix.co.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=385 Duncan, Tom. 2008. Principles of Advertising & IMC. 2nd edition. New York: McGraw-Hill. Solomon, Michael R. 2009. Consumer Behavior, 8th .ed., Pearson, New Jersey. Belch, George E., Michael A. Belch, 2009. Advertising & Promotion, 8th ed., McGraw-Hill, New York.

You May Also Find These Documents Helpful