Implementasi Strategi Supply Chain Management Dengan Metode Just in Time Dan Sistem Informasi Terintegrasi Pada Perusahaan Ritel Carrefour

Only available on StudyMode
  • Pages : 12 (3056 words )
  • Download(s) : 710
  • Published : January 7, 2011
Open Document
Text Preview
“ IMPLEMENTASI STRATEGI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN METODE JUST IN TIME DAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI PADA PERUSAHAAN RITEL CARREFOUR ”

Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah

Oleh :
Moch Nidzom Zakaria(040710236)
Soffi Athiffa(040710247)

Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
universitas Airlangga Surabaya
BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Di masa persaingan global yang sangat ketat ini, perusahaan di seluruh dunia telah berupaya mencari terobosan untuk bisa mempertahankan eksistensinya di dalam dunia usaha. Tahap demi tahap mereka jalankan dengan membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan setiap langkahnya. Sehingga saat ini perusahaan yang ingin tetap bertahan dan sukses dalam menghadapi persaingan harus memiliki strategi yang bagus agar tidak tertinggal oleh para pesaingnya.

Salah satu strategi yang saat ini menjadi bahasan penting adalah dengan merancang sebuah konsep yang rapi dalam penataan alur bisnis dari awal sampai akhir. Konsep yang demikian ini disebut sebagai konsep supply chain management. Dimana dalam konsep ini menjelaskan bagaimana perusahaan mengatur sebuah rencana yang matang mulai dari bahan baku itu didapatkan hingga barang jadi yang dihasilkan sampai pada konsumen terakhir. Supply chain management dibuat dengan tujuan perusahaan dapat melakukan efisiensi dalam operasionalnya, baik dari segi biaya, waktu, dll. Selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan pada pihak-pihak yang terkait sehingga dapat memuaskan mereka dan apa yang dilakukan perusahaan akan semakin efektif.

Untuk menerapkan konsep supply chain management yang bagus memanglah bukan hal yang mudah. Karena dalam menerapkan konsep yang efisien dari sisi waktu dan biaya diperlukan suatu prinsip yang disebut dengan just in time (JIT). Dimana dalam konsep ini setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan pada semua aspek harus tepat waktu, harga, sasaran, perkiraan, dll. Sehingga perusahaan dituntut untuk bisa meminimalisir kerugian-kerugian yang disebabkan oleh kesalahan dalam hal estimasi, waktu yang tidak efisien, rantai yang terlalu panjang, dan sebagainya.

Agar sukses dalam menerapkan metode JIT, perusahaan harus bisa mensinergiskan semua lini dan aspek yang ada dalam proses operasi perusahaan. Karena apabila lini-lini yang ada tidak sinergis akan sulit untuk bisa menerapkan metode JIT dengan baik. Untuk itu diperlukan suatu strategi agar perusahaan bisa mensinergiskan semua lini yang ada sehingga metode JIT yang diterapkan dapat berjalan efektif dan efisien. Industri ritel merupakan industri yang berkembang pesat di Indonesia pada saat ini. Kehadiran pelaku usaha ritel modern telah memberi warna dalam perkembangan ritel Indonesia. Dalam jangka waktu yang singkat beberapa usaha ritel modern dengan kemampuan capital yang besar melakukan aktivitasnya dalam bentuk minimarket, supermarket bahkan hyper market yang kini bertebaran di setiap kota besar di tanah air. Industri ritel berkembang seiring dengan perubahan pada masyarakat, dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang pesat di berbagai belahan dunia. Tingkat pendapatan masyarakat yang terus berkembang menyebabkan terciptanya segmen konsumen yang menginginkan adanya perubahan pengelolaan industri ritel. Tidak ubahnya di tanah air, tingginya tingkat daya beli konsumen membuat para pelaku bisnis ritel di Indonesia bersaing untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumennya. Salah satu cara untuk menjaga kepercayaan konsumen tersebut adalah dengan menyediakan barang yang konsumen inginkan di saat para konsumen tersebut membutuhkan. Para riteler tidak boleh mengecewakan konsumen dengan alasan barang yang mereka cari kosong atau habis. Karena hal ini bias berdampak buruk bagi peritel tersebut.

Strategi yang dapat dilakukan untuk menjegah terjadinya kehabisan persediaan barang namun juga tidak terlalu menumpuk persediaan di gudang karena penggudangan juga merupakan biaya (cost) adalah...
tracking img