Filsafat Ilmu Pengetahuan

Only available on StudyMode
  • Pages: 8 (2334 words)
  • Download(s): 602
  • Published: April 14, 2011
Read full document
Text Preview
BARCODE Sejarah dan Awal Mula Penemuan Pada tahun 1932, Wallace Flint membuat sistem pemeriksaan barang di sebuah perusahaan retail. Awalnya, teknologi barcode dikendalikan oleh perusahaan retail, lalu diikuti oleh perusahaan industri. Lalu pada tahun 1948, seorang pengusaha makanan lokal meminta Drexel Institute of Technology di Philadelphia untuk membuat sistem pembacaan informasi produk yang keluar secara otomatis. Kemudian Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland, sarjana lulusan Drexel, membuat suatu tim dengan tujuan mencari solusi terhadap permintaan pengusaha tersebut. Woodland mengusulkan tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Namun, prototype tersebut masih dinilai terlalu mahal dan tidak stabil. Tanggal 20 Oktober 1949, Woodland dan Silver berhasil membuat prototype barcode yang lebih baik. Prototype tersebut dikenal dengan “Bull’s Eyes”, karena merupakan kumpulan bentuk lingkaran. Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1952, mereka mendapat hak paten dari hasil penelitian tersebut. Barcode digunakan pertama kali secara komersial pada tahun 1970 dimana Logicon Inc. membuat Universal Grocery Product Identification Standard (UGPIC).

Cara/Prinsip Kerja Alat Barcode adalah sekumpulan data optik yang dapat dibaca oleh sebuah mesin. Jenis barcode yang menjadi standar industri adalah Uniform Product Code (UPC). Cara membaca barcode : 1. Barcode terdiri dari garis hitam dan putih. Ruang putih di antara garis-garis hitam adalah bagian dari kode. 2. Ada perbedaan ketebalan dari garis. Garis paling tipis = 1, yang sedang = 2, yang lebih tebal = 3, dan yang paling tebal = 4. 3. Setiap digit angka terbentuk dari urutan empat angka. 0 = 3211, 1 = 2221, 2 = 2122, 3 = 1411, 4 = 1411, 5 = 1231, 6 = 1114, 7 = 1312, 8 = 1213, 9 = 3112. Kode-kode yang terkandung dalam batang-batang tersebut dapat dibaca oleh sebuah alat pemindai. Adapun jenis alat pemindai bervariasi, misalnya pena, laser, serta kamera. Pemindai berbentuk pena memiliki pemancar Ca dan dioda foto yang diletakkan bersebelahan pada ujung pena. Pena disentuhkan dan digerakkan melintasi deretan batang barcode. Dioda foto menerima intensitas

cahaya yang dipantulkan dan mengubahnya menjadi sinyal listrik, lalu diterjemahkan dengan mekanisme yang mirip dengan kode morse. Pemindai dengan laser tidak perlu digesekkan ke permukaan barcode, namun cukup dilakukan dengan jarak yang lebih jauh. Kelebihan lain adalah pemindai jenis ini memiliki cermin-cermin pemantul, sehingga membuat sudut pembacaan lebih fleksibel. Pemindai jenis kamera menggunakan teknologi CCD (Charge Couple Device) untuk merekam foto barcode yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam sinyal elektronik digital. Manfaat Barcode banyak dimanfaatkan dalam bidang penjualan dan keluar masuk barang. Adapun kegunaan barcode adalah : 1. Untuk mengelompokkan, menandai, atau mengidentifikasi barang, buku, atau kartu dengan lebih mudah. 2. Untuk mengetahui harga barang. Digunakan oleh pasar swlayan untuk mengertahui harga barang dengan cepat 3. Untuk mengetahui asal barang. Dalam barcode terkandung kode negara asal barang. 4. Untuk mempercepat pengecekan barang 5. Untuk mengurangi kesalahan pengetikan.

ELECTROCARDIOGRAF Sejarah dan Awal Mula Penemuan Electrocardiograf adalah sebuah alat yang digunakan untuk merekam denyut jantung. Alat ini ditemukan oleh Willem Einthoven, seorang profesor dan psikolog berkebangsaan Belanda. Walaupun merupakan seorang lulusan psikologi Uthrecht University, namun Einthoven sangat tertarik terhadap bidang fisiologi, terutama yang behubungan dengan jantung manusia. Pada saat itu, pembelajaran dunia medis terutama dalam bidang jantung manusia belum terlalu berkembang, walaupun konsep electrocardiography telah diperkenalkan di awal abad ke 17.

Augustus D Waller, fisiolog Inggris merupakan orang pertama yang merekam detak jantung dengan suatu alat yang dinamai capillary electrometeri pada tahun 1887. Einthoven lalu meneliti pekerjaan Waller tersebut dan mendapatkan sebuah...
tracking img