J.Co

Only available on StudyMode
  • Pages : 4 (1016 words )
  • Download(s) : 3954
  • Published : November 14, 2007
Open Document
Text Preview
… tentang inovasi dan berpikir holistik
October 11, 2006
J.CO
Filed under: Entrepreneurship, Innovation — itpin @ 8:04 am

Sejak J.CO pertama kali dibuka 26 Juli 2005 lalu di Jakarta, orang-orang masih berebut antri untuk membeli donut-nya. Sampai hari ini, J.CO telah membuka 11 gerai yang tersebar di Jakarta (7 gerai), Surabaya (1), Bandung (2), dan Makassar (1). Segeran menyusul: Medan, Bali, Pekan Baru, Bogor, dan Batam. Karena letaknya sering di pusat-pusat perbelanjaan kelas menengah ke atas dan suasana gerainya yang memancarkan aroma kemewahan, banyak yang berpikir J.CO adalah franchise dari luar negeri. Padahal, J.CO yang bernama resmi J.CO Donuts & Coffee tersebut adalah produk asli putra Indonesia, Johnny Andrean.

Johnny Andrean tentu saja bukan nama asing di telinga kita. Selain membuka usaha salon yang saat ini sudah memiliki lebih dari 200 cabang, Johnny Andrean juga membeli franchise BreadTalk dari Singapura. Menurut sebuah artikel di Harian Kompas, ide untuk mendirikan J.CO sudah ada sejak lima tahun lalu. Karena menyukai donut, Johnny sering berpikir bagaimana menjadikan donut sebagai sebuah gaya hidup.

Setelah melakukan survei, Johnny menemukan kebanyakan gerai yang menjual donut tidak menjual minuman yang enak. Selain itu, masyarakat sekarang lebih sadar kesehatan. Berbekal pengetahuan tersebut, Johnny akhirnya memutuskan menggabungkan donut yang lebih sehat (tidak terlalu manis) dengan minuman berkualitas. Ide inovatif lainnya adalah memperkenalkan semacam "tangga lagu" untuk varian-varian donutnya. Varian donut yang kurang laku tidak akan dijual lagi. Seleksi alamiah tersebut menjamin varian donut yang dijual J.CO selalu sesuai dengan selera pasar.

Lebih jauh lagi, J.CO sudah dipersiapkan untuk merambah dunia internasional. Karena itu, Johnny sengaja memilih nama yang mudah diucapkan dalam bahasa apa pun. Penataan ruang juga diberi perhatian khusus agar menimbulkan kesan modern. Johnny juga tidak perlu merasa malu meniru sistem...
tracking img