Wirausaha Dan Laporan Usaha

Only available on StudyMode
  • Pages : 8 (2358 words )
  • Download(s) : 2421
  • Published : January 7, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I
PENDAHULUAN

1 Mengapa perlu ada tugas “Walkabout” Project dalam mata kuliah Entrepreneurship II

Pada mata kuliah entrepreneurship I semester VI dijelaskan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki sifat 10 D yaitu Dream (Mimpi), Decisiveness (Ketegasan), Doers (Pelaku), Determination (Ketetapan Hati), Dedication (Dedikasi), Devotion (Kesetiaan), Dollars (Uang), Distributes (Distribusi). Dengan adanya Walkabout Project pada mata kuliah entrepreneurship II kita bisa belajar untuk memiliki sifat 10 D tersebut. Materi dan teori yang didapat pada mata kuliah entreupreneurship I akan kurang bermanfaat jika tidak diimplementasikan di lapangan. Walkabout Project merupakan bentuk dari pengimplementasian entrepreneurship I, yang mana didalamnya kita akan merasakan dan mengetahui hambatan dan tantangan dalam berwirausaha. Hal tersebut juga akan menambah pengalaman kita.

2 Makna dari “Walkabout” dalam bentuk tugas kelompok

Banyak makna yang kami dapatkan dalam Walkabout Project, dengan mengeluarkan modal berarti kami sudah belajar untuk mengambil resiko untuk kedepannya, jadi dengan dikeluarkannya modal akan lebih berusaha untuk mengembalikan modal tersebut dengan memperoleh keuntungan. Dengan melihat peluang yang ada dan mencari strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis, dalam kelompok kita belajar untuk menyamakan persepsi. Kerjasama yang baik sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Kami juga belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain, dalam memasarkan produk, kami harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi. Jika dapat berkomunikasi dengan baik maka kemungkinan akan mendapatkan market baru.

1 Periode pelaksanaan “Walkabout” Project dan tata caranya

Kegiatan Walkaobut Project ini berlangsung pada tanggal 14 September 2007 sampai dengan 6 Desember 2007. Dalam perjalanannya, kami harus menyerahkan weekly report setiap hari kamis, ini berarti kami telah membuat weekly reeport sebanyak delapan kali. Fokus usaha BCL adalah menjual produk kecantikan Bali yaitu lulur, mandi susu, masker bengkuang dan masker lumpur. Kami berusaha untuk menerapkan strategi marketing yang sesuai dengan produk dan konsumen. Walkabout project ini merupakan kegiatan rutin bagi mata kuliah entrepreneurship 2, dimana kita harus membuat kelompok yang terdiri dari kurang-lebih enam orang. Masing-masing kelompok menentukan jenis usaha apa yang akan digeluti, dengan modal awal yang didapat dari tiap anggota kelompok. Dari modal inilah kegiatan usaha dijalankan. Pada akhir periode walkabour project, dibuat laporan keuangan akhir yang mencantumkan keuntungan bersih usaha. Dari sinilah dapat kita lihat keberhasilan usaha yang kita lakukan.

BAB II
PEMBAHASAN

2 Latar Belakang Munculnya Ide

Kecantikan merupakan hal yang penting bagi setiap wanita. Mereka akan terus mencari dan menjaganya. Ini merupakan awal munculnya ide menjual produk kecantikan. Seperti kita ketahui bahwa mayoritas para wanita tidak segan-segan untuk membeli produk kecantikan meskipun harganya mahal, termasuk para mahasiswi yang berdomisili di Bandung. Dari sudut pandang kami, hal tersebut merupakan peluang usaha. Tetapi dilain pihak, kami tidak menutup mata dengan telah banyaknya produk kecantikan yang dijual dipasaran. Apalagi produk-produk tersebut telah memiliki barand image tersendiri dikalangan para konsumen. Disinilah kami mulai memikirkan untuk memilih produk yang beda dan menerapkan strategi marketing yang sesuai dengan produk tersebut. Berangkat dari ide ini, kami menemukan sebuah ide untuk menjual produk-produk kecantikan tradisional yang aman bagi kulit. Selain itu kami juga memiliki link untuk mendapatkan produk tersebut, yaitu dari orangtua salah satu anggota BCL (I Gusti AA Tintia FT) yang berasal dari Bali. Produk tersebut adalah Lulur, Mandi Susu, Masker Bengkuang dan Masker Lumpur dari home industri Sekar Jagat. Hal ini semakin menguatkan kami untuk memilih produk tersebut...
tracking img