Westport

Only available on StudyMode
  • Pages : 5 (995 words )
  • Download(s) : 1208
  • Published : October 26, 2009
Open Document
Text Preview
BAB I

Latar Belakang

Westport Electric Inc adalah sebuah perusahaan swasta dikategorikan di bawah Kontraktor Listrik dan terletak di Port Allen, LA. Westport electric merupakan salah satu perusahaan raksasa di Amerika Serikat (USA), yang memproduksi dan menjual listrik dan produk elektronik.

Kegiatan operasi perusahaan dibagi kedalam empat grup, masing-masing dikepalai wakil presiden grup. Grup-grup ini terdiri dari : grup pembangkit listrik dan transmisi, grup perkakas rumah tangga, grup militer dan ruang angkasa, serta grup elektronika. Tiap grup terdiri dari sejumlah divisi yang independent secara relative, masing-masing dikepalai oleh manager divisi.

Divisi merupakan unit operasi dasar dari perusahaan , dan masing-masing merupakanpusat laba. Manager divisi bertanggung jawab atas perolehan laba yang memadai pada investasinya. Terdapat dua puluh lima divisi dalam perusahaan.

Pada tingkat perusahaan terdapat staf riset pengembangan dan enam staf administrasi masing-masing dikepalai oleh Wakil Presiden, sebagai berikut : keuangan, hubungan industri, hukum, pemasaran, manufaktur, dan hubungan masyarakat. Tanggung jawab administratif, meskipun mereka berbeda tergantung pada lingkungannya, dan dapat dibagi ke dalam kategori berikut :

1. Saran manajemen puncak. Masing-masing staf bertanggung jawab untuk menyediakan saran bagi manajemen puncak perusahaan menurut bidangnya

2. Pemberian saran bagi divisi operasi dan kantor staf lainnya. Masing-masing kantor staf memberikan saran kepada divisi operasi dan, dalam beberapa peristiwa, kepada kantor staf lainnya.

3. Koordinasi antar divisi. Kantor staf memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan area kegiatan antar divisi. Besarnya koordinasi berbeda tergantung pada ruang lingkup kegiatan.

BAB II

Permasalahan

Dalam pertemuan, James King, pengawas staf administrasi bagian anggaran Westport Electric Company, sebuah perusahaan besar dan penjual produk listrik dan elektronik, adalah mendiskusikan ketidaksenangannya dengan peningkatan anggaran yang diusulkan dari kantor. Dua anggaran yang diusulkan yaitu anggaran mengenai legal dan anggaran mengenai pelatihan manajemen. Dimana anggaran legal tersebut ingin ditingkatkan anggarannya padahal dalam evaluasi yang dilkukan oleh King, suatu permasalahan legal perusahaan yang ditugaskan kepada konsultan dalam perusahaan memerlukan waktu selama tiga bulan sedangkan pengacara di luar perusahaan hanya memerlukan waktu satu atau dua hari saja, dan permasalahan anggaran kedua yaitu mengenai pelatihan manajemen, yang setelah dievaluasi pelatihan yang diberikan kepada karyawan tidaklah efektif. Hal ini terlihat dari adanya pemeberian salinan test yagn diberikan kepada karyawan yang tidak mengikuti pelatihan dan ternyata hasilnya karyawan tersebut dapat memperoleh 100% tanpa mengikuti pelatihan. Menurut King, ini dibenarkan dan jelas terdapat indikasi kesalahan dalam sistem anggaran perusahaan. Saat ini perusahaan memiliki enam staf kantor seperti yang disebutkan dan mereka yang bertugas memberikan saran kepada punceak dan operasi divisi serta staf lain kantor. Mereka juga berkoordinasi di antara divisi tergantung pada bidang aktivitas mereka. Kantor staf ini dianggarkan perusahaan menggunakan prosedur persetujuan anggaran, yang menurut beberapa pejabat seperti King, membutuhkan banyak perbaikan.

BAB III

Landasan Teori

Anggaran Adalah suatu rencana keuangan periodic yang disusun berdasarkan program-program yang telah disahkan. (M.Nafarin)

Anggaran (budget) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu.

ANGGARAN (BUDGETING) Menurut National Committee on Governmental Accounting (NCGA)adalah Rencana operasi keuangan, yang mencakup estimasi pengeluaran yang diusulkan, dan sumber pendapatan yang diharapkan untuk membiayainya dalam periode waktu...
tracking img