Weight Solution Clinic

Only available on StudyMode
  • Pages : 20 (4164 words )
  • Download(s) : 510
  • Published : June 12, 2010
Open Document
Text Preview
Case Study Operations & Supply Management
Magister Manajemen Universitas Indonesia

WEIGHT SOLUTION CLINIC
Bariatric Surgery Center

Oleh:
Agus Riyadi - 0906499032
Alexandra Ryan Ahmad Dina - 0906585641
Amrizal Arief - 0906585660
Catharina Wulandari Rivai - 0906499114
Delonika Yuki Eka Putra - 0906499133
Didit Raditya – 0906585811

[pic]
WEIGHT SOLUTION CLINIC
Bariatric Surgery Center

Sinopsis Kasus

Pada tahun 1998, WHO mempublikasikan Obesity: Preventing and Managing the Global Epidemic, yang mengklasifikasikan obesitas sebagai epidemic yang terus bertambah di dunia. Amerika Serikat menjadi negara dengan tingkat obesitas tertinggi dimana sepertiga penduduknya mengalami masalah dengan berat badan. Disusul oleh negara-negara dari belahan dunia yang lain seperti Eropa, Australia, New Zealand, Timur Tengah serta beberapa Negara Amerika selatan, tingkat obesitas mencapai angka 10 dan 20 persen. Hanya di China, Jepang dan banyak negara di Afrika tingkat obesitas penduduknya bisa dikatakan rendah.

Menurut Wikipedia, Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas.

Seseorang yang memiliki berat badan 20% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya yang normal dianggap mengalami obesitas. Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok: ▪ Obesitas ringan : kelebihan berat badan 20-40%

▪ Obesitas sedang : kelebihan berat badan 41-100%
▪ Obesitas berat : kelebihan berat badan >100% (Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% dari antara orang-orang yang gemuk).

Obesitas di Amerika Serikat, menghabiskan 75 Milliar Dollar pertahun untuk biaya-biaya pengobatannya, setengah dari biaya tersebut dibayar oleh para pembayar pajak melalui Medicare dan Medicaid. Perawatan obesitas tersedia mulai dari kunjungan ke klinik sampai kepada Operasi Gastric Bypass, senilai USD 350 pertahun untuk setiap warganegara dewasa di AS. Jenis perawatan obesitas bervariasi tergantung pada pengukuran Body Mass Index (BMI) dari masing-masing orang. Penderita dengan BMI rendah (26 – 29) disarankan menjalankan latihan fisik, diet ketat serta perubahan sikap dan cara hidup. Sedangkan bagi penderita obesitas dengan BMI diatas 40, disarankan menjalani Operasi Bariatric Gastric atau operasi pembedahan lain yang disarankan.

Hasil dari operasi Bariatic Gastric diharapkan dapat mengurangi berat badan dengan membatasi penyerapan makanan di dalam tubuh. Bagian dari perut pasien akan dibagi menjadi beberapa bagian dan dilakukan penataan ulang pada alur penyerapan makanan. Operasi ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni pembedahan terbuka (open surgery) ataupun dengan Laparoscopic surgery.

Weight Solutions Clinic adalah satu dari sekian banyak klinik di AS yang membantu para penderita obesitas dalam menyelesaikan permasalahan berat badan, termasuk untuk operasi Bariatric Gastric. Klinik ini memiliki 63 ruangan untuk pasien rawat inap, serta 2 ruangan untuk pasien rawat jalan. Klinik ini mempekerjakan 4 ahli bedah bariatric, 4 perawat bedah, 10 perawat umum, 2 ahli anastesi, dan receptionist. Klinik ini memiliki 2 ruang operasi yang melayani pasien dari hari senin sampai jumat dari pukul 6 pagi sampai 6 sore. Hanya perawat umum saja yang memang bekerja selama 24 jam.

Sejalan dengan waktu, klinik ini memiliki permasalahan dalam melayani para pasiennya. Adalah proses dari satu tahap ke tahapan yang lain yang masing-masing memerlukan waktu yang panjang, sehingga berakibat langsung pada semakin lamanya seorang pasien bisa ditangani secara komprehensif...
tracking img