The Strategic Planning Process

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1478 words )
  • Download(s) : 251
  • Published : July 15, 2010
Open Document
Text Preview
THE STRATEGIC PLANNING PROCESS
Informasi yang dibutuhkan seorang manager sebelum memulai strategic planning process untuk marketing communication, adalah sbb: •Product Description (Deskripsi Produk)
Apa yang kita pasarkan? Deskripsi dari suatu produk/jasa yang akan di pasarkan harus diketahui & dipahami. Informasi ini nantinya akan berguna sebagai latar belakang bagi staff creative untuk melaksanakan kegiatan brand’s marketing communication. •Market Assesment (Perkiraan Pasar)

Bagaimana perkiraan pasar secara keseluruhan yang dimana kita akan bersaing? Apa yang dibutuhkan disini adalah informasi tentang pasar yang mungkin dapat mempengaruhi potensi kesuksesan dari suatu brand. •Source of Business (Sumber Bisnis)

Bisnis ini bersumber darimana? Sumber pelanggan mana yang kita harapkan? Apakah dari new customer, users of the other brands atau dari existing customers? •Competitive Evaluation (Evaluasi Kompetitor)

Bagaimana kompetitor kita dan bagaimana mereka memposisikan dirinya? Kita harus mempunyai pengetahuan yang baik mengenai lingkungan yang diciptakan oleh marketing communication kompetitor kita. •Marketing Objectives (Tujuan Pemasaran)

Apa tujuan pemasaran untuk brand? Kita harus bisa mengestimasi terhadap apa yang akan terjadi bila apabila program komunikasi pemasaran kita berhasil. Sebuah tujuan pemasaran yang terperinci dalam rancangan marketing dapat menunjukkan apakah berkonsentrasi kepada new customers atau kepada repeat business adalah suatu jalur terpenting untuk membangun atau mempertahankan brand. IMPLEMENTASI PROSES PERENCANAAN STRATEGI

1.SELECTING THE TARGET AUDIENCE
a)Lima Kelompok Pembeli
i)Brand loyals: pembeli yang secara rutin membeli merek kita. ii)Favorable brand switchers: pembeli yang membeli suatu merek tertentu (misalnya merek “A”) tetapi juga membeli merek pesaingnya. iii)Other brand switchers: pembeli yang membeli lebih dari satu merek pesaing, tapi bukan merek kita. iv)Other brand loyals: pembeli yang secara rutin membeli merek pesaing. v)New category users: yaitu pembeli yang memasuki kategori produk untuk pertama kalinya atau masuk kembali setelah waktu yang lama. b)Tujuan Komunikasi dalam kelompok

i)Tujuan komunikasi untuk kelompok brand loyals adalah bagaimana untuk mempertahankan pelanggan yang setia dengan merek dan memperkuat kesetiaan ii)Tujuan komunikasi untuk kelompok favorable brand switchers adalah bagaimana untuk mempertahankan pelanggan tersebut dan mencoba untuk mendorong pelanggan mengurangi penggunaan merek lain iii)Tujuan komunikasi untuk new category users adalah bagaimana membujuk mereka untuk masuk ke dalam kategori, serta untuk membeli merek kita. c)Pengelompokkan Target Audiens Berdasarkan Keterlibatan (Involvement) i)Keterlibatan tinggi (high involvement)adalah sebuah situasi di mana konsumen menilai keputusan pembelian menjadi cukup penting bagi mereka untuk terlibat dalam pencarian informasi lengkap sebelum membuat keputusan. ii)Keterlibatan tinggi (high involvement)adalah sebuah situasi di mana konsumen menilai keputusan pembelian menjadi cukup penting bagi mereka untuk terlibat dalam pencarian informasi lengkap sebelum membuat keputusan. Pertimbangan Risiko:

- Jika risiko dalam beralih merek (switching) dirasakan rendah, ada kemungkinan orang terbuka untuk beralih merek. - Jika risiko dianggap tinggi, namun orang terbuka untuk gagasan switching, hal ini dapat pula menjadi suatu masalah. - Jika konsumen sangat puas dengan merek yang mereka gunakan, mereka akan cenderung kurang untuk beralih (switch), jika mereka tidak puas, mereka akan lebih terbuka untuk beralih d)Empat Kelompok Loyalitas

i)Loyal (Setia): sangat puas dengan merek dan tidak mungkin untuk beralih. ii)Vulnerable (Rentan): puas dengan merek, tetapi sedikit risiko dirasakan dalam switching. iii)Frustrated (Frustrasi): tidak puas dengan merek, tetapi merasakan risiko lebih besar dalam switching. iv)Switchable (Dapat Beralih): tidak puas dengan merek, serta...
tracking img