Teori Sdm

Only available on StudyMode
  • Pages : 7 (1813 words )
  • Download(s) : 74
  • Published : April 12, 2011
Open Document
Text Preview
1.Motivasi kerja
Seorang manajer harus mengetahui tujuan seorang pekerja dan tindakan-tindakan yang harus diambil pekerja untuk mencapainya. Banyak toeri motivasi dan penemuan yang mencoba menjelaskan hubungan perilaku dan hasil. Salah satunya adalah Susilo Martoyo yang mengartikan motivasi adalah proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang kita inginkan ( 2000:164 ). Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi adalah atasan, rekan, sarana fisik, kebijakan dan peraturan, imbalan jasa dan non uang, jenis pekerjaan dan tantangan ( Susilo Martoyo, 2000:165 ). Motivasi dalam diri karyawan sangat bermanfaat sekali bagi perusahaan, karena dengan adanya motivasi tersebut akan menimbulkan rasa memiliki terhadap perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian Mc. Clelland, Edard Murray, Miller dan Gordon W., menyimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dan pencapaian prestasi. Artinya manajer yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi cenderung memiliki prestasi kerja yang tinggi, dan sebaliknya jika mereka yang prestasi kerjanya rendah dimungkinkan karena motivasi berprestasi yang rendah ( Anwar P.M. 2004 : 104 ). Pemenuhan kebutuhan pegawai merupakan fundamen yang mendasari perilaku kerja. Kita tidak mungkin dapat memotivasi kerja pegawai tanpa memperhatikan apa yang dibutuhkannya ( Anwar P.M. 2004 : 101 ). Abraham Maslow mengemukakan hierarki kebutuhan pegawai sebagai berikut: 1.Kebutuhan fisiologis yaitu makan, minum, perlindungan fisik bernafas dan sexsual. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang paling mendasar. Dalam hubungannya dengan ini pimpinan perlu memberikan gaji yang layak. 2.Kebutuhan rasa aman, yaitu kebutuhan perlindungan dari ancaman, bahaya, dan lingkungan kerja. Dalam hubungan dengan kebutuhan ini, pimpinan perlu memberikan tunjangan kesehatan, asuransi kecelakaan, perumahan, dan dana pensiun. 3.Kebutuhan sosial atau rasa memiliki, yaitu kebutuhan untuk diteruma dalam kelompok unit kerja, berafiliasi, berinteraksi, serta rasa dicintai dan mencintai. Dalam hubungannya dengan kebutuhan ini, pimpinan perlu menerima keberadaan pegawai sebagai anggota kelompok kerja, melakukan interaksi kerja yang baik, dan hubungan kerja yang harmonis. 4.Kebutuhan harga diri, yaitu kebutuhan untu kdihormati, dihargai oleh orang lain. Dalam hubungannya dengan kebutuhan ini, pimpinan tidak boleh sewenang-wenang memperlakukan pegawai karena mereka perlu dihormati, diberi penghargaan terhadap prestasi kerjanya. 5.Kebutuhan aktualisasi diri, yaitu kebutuhan untuk mengembangkan diri dan potensi, mengemukakan ide-ide, memberikan penilaian, kritik dan prestasi. Dalam hubungannya dengan kebutuhan ini, pimpinan perlu memberikan kesempatan kepada pegawai bawahan agar mereka dapat mengaktualisasikan diri secara baik dan wajar di perusahaan.

3.Lingkungan kerja
Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang berada di lingkungan para pekerja dan yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Lingkungan kerja terdiri dari kebersihan, pertukaran udara, cahaya, kenyamanan dan keamanan, musik, dan warna ( Alex S. Nitisemito, 1996:110 ). Lingkungan kerja ternyata dapat berpengaruh terhadap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan, maka setiap perusahaan haruslah mengusahakan agar faktor-faktor yang termasuk lingkungan kerja diusahakan sedemikian rupa agar mempunyai pengaruh yang positif (Alex S. Nitisemito, 1996:111). Faktor-faktor tersebut adalah: 1)Pewarnaan

Warna dapat berpengaruh pada diri manusia. Terhadap binatangpun warna dapat juga sangat mempengaruhi. Misalnya warna putih dapat menimbulkan kesan ruang yang sempit menjadi luas dan bersih. Hal ini mendukung pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Newton membagi warna menjadi : a.Warna Primer, yang terdiri warna pokok, yaitu :

Warna merah
Warna biru
Warna kuning
b.Warna Sekunder, yang terdiri dari capuran dua arna primer, yaitu : •Warna orange, campuran warna merah dan kuning
Warna hijau,...
tracking img