Taxation and Income Distribution

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1478 words )
  • Download(s) : 142
  • Published : February 15, 2010
Open Document
Text Preview
Tax Incidence
Statutory Incidence of a tax
Mengindikasikan siapakah yang secara legal bertanggung jawab (menanggung) pajak (misal: penjual atau pembeli?) Economic Incidence of a tax
Perubahan dalam distribusi pendapatan riil pribadi yang dipengaruhi pajak

Pajak progressive dapat dihitung dengan berbagai cara.
Proportional, progressive dan regressive.
Average tax rate, ratio dari pajak yang dibayarkan terhadap pendapatan. jika Average tax rate naik dari pendapatan, systemnya adalah progressive, regressive jika sebaliknya. Marginal tax rate, perubahan dalam pajak yang dibayarkan dengan perubahan pendapatan. Hati-hati terhadap progressive and regressive.

Contoh:

Tiap individu menghitung pajak billnya dengan mengurangi $3000 dari income dan membayar 20% dari sisanya. •Jika perbedaannya negative, individu mendapat subsidy

Penghitungan pajak progressive
1)Peningkatan yang lebih besar dari average tax rates ketika pendapatan naik, sistemnya lebih progressive.

Dimana
T0 dan T1 adalah pajak liability
I0 dan I1 adalah income level

2)Kemungkinan kedua adalah jika salah satu system pajak lebih progressive daripada yang lain jika elastisitas dari penerimaan pajak berhubungan dengan pendapatan. (contoh: perubahan persentase dalam penerimaan pajak dibagi dengan perubahan persentase dalam pendapatan).

Partial Equilibrium Model adalah model yang hanya melihat pada pasar dimana pajak disatukan dan mengabaikan pasar lain.

Pajak per unit dari komoditi
Dikenakan dalam jumlah tetap per unit dari komoditas yang terjual. Sebelum pajak dikenakan, harga dan kuantitas sampanye ditentukan antara Supply (Sc) dan Demand (Dc). Kuantitas barang yang diminta dan harganya adalah Q0 dan P0. Diumpamakan pajak per unit sebesar $u per gallon dikenakan terhadap setiap pembelian dan Statutory Incidence adalah pada pembeli. Kita memulai dengan menentukan bagaimana pajak mempengaruhi skedul permintaan. Titik a menunjukan harga maksimum per galon yang bersedia dibayar untuk Qa galon adalah Pa. Setelah pajak u dikenakan, yang bersedia dibayarkan oleh kebanyakan orang untuk Qa adalah tetap Pa. tidak ada alasan untuk mempercayai bahwa pajak mempengaruhi pendapat orang-orang terhadap sampanye. Bagaimanapun, ketika orang-orang membayar Pa per galon, produsen tidak lagi menerima jumlah keseluruhan. Mereka hanya menerima (Pa-u), jumlah yang diindikasikan oleh titik b di figure 15.1. tentu saja, titik a yang dipilih.
PAJAK AD VALOREM
Pajak Ad Valorem merupakan tingkat pajak sebagai sebuah proporsi atas sebuah komoditi. Sebagai contoh, negara bagian Illionis mentapkan pajak sebesar satu persen untuk setiap pembelian makanan. Jadi dengan sendirinya semua negara bagian dan pemerintahan lokal mengenakan pajak ad valorem pada makanan dan pakaian.

kurva demand (Df) dan kurva supply (Sf) untuk makanan. Dalam keadaan harga dan kuantitas keseimbangan digambarkan oleh P0 dan Q0. anggaplah sekarang bahwa sebuah pajak 25% dari harga kotor diterapkan dalam konsumsi makanan. Anggaplah titik m pada Df. Setelah dikenakan pajak, Pm masih banyak konsumen akan membayar untuk sejumlah Qm pounds untuk makanan, jumlah yang akan diterima oleh produsen adalah sebesar 75% dalam posisi vertikal sebagai selisih titik m dan aksis horizontal, yang diberi tanda titik n. Dimana titik n adalah merupakan satu titik yang diterima oleh produsen.dengan melihat setiap titik pada kurva Df, effective demand curve yang dihadapi oleh produsen ditentukan oleh kurva Df dalam figure 15.7. Dalam analisis selanjutnya diketahui bahwa proses secara tepat sebagai pajak per unit: Keseimbangan dimana Sf dan Df berpotongan, dengan kuantitas sebanyak Q1, tingkat harga yang diterima oleh produsen makanan adalah Pn, dan tingkat harga yang dibayar oleh konsumen Pg. Seperti sebelumnya bahwa pajak itu ditentukan oleh elastisitas permintaan dan penawaran. Analisis ini dapat diterapkan pada beberapa keadaan.

PAJAK UNTUK (BARANG) FAKTOR PRODUKSI

Pajak...
tracking img