Page 1 of 4

Tanggung Jawab Sosial Dan Etika

Continues for 3 more pages »
Read full document

Tanggung Jawab Sosial Dan Etika

  • By
  • August 2010
  • 833 Words
  • 2597 Views
Page 1 of 4
Pengertian tanggung jawab social
Tanggung jawab sosial (CSR) : kewajiban perusahaann bisnis di luar yang dituntut oleh hukum dan pertimbangan ekonomi, untuk mengejar berbagai sasaran jangka panjang yang baik bagi masyarakat Dua pandangan tanggung jawab sosial :

1. Pandangan klasik : tanggung jawab sosial adalah bahwa tanggung jawab sosial manajemen hanyalah memaksimalkan laba (profit oriented) Pada pandangan ini manajer mempunyai kewajiban menjalankan bisnis sesuai dengan kepentingan terbesar pemilik saham karena kepentingan pemilik saham adalah tujuan utama perusahaan. 2. Pandangan sosial ekonomi : bahwa tanggung jawab sosial manajemen bukan sekedar menghasilkan laba, tetapi juga mencakup melindungi dan meningkatkan kesejahteraan sosial Pada pandangan ini berpendapat bahwa perusahaan bukan intitas independent yang bertanggung jawab hanya terhadap pemegang saham, tetapi juga terhadap masyarakat. Melihat dari 2 pandangan di atas muncullah 4 tahap proses dari tanggung jawab sosial organisasi. Tahap1.

Manajer mengikuti pandangan klasik dengan cara memenuhi kebutuhan para pemegang kuasa sambil mematuhi semua hukum dan peraturan. Tahap2.
Di tahap2, manajer memperluas tanggung jawabnya pada kelompok pemegang kuasa lainnya yang penting, yaitu karyawan. Tahap3.
Pada tahap3, manajer kembali memperluas tanggung jawab mereka kepada para pemegang kuasa lain dalam lingkungan khusus, terutama konsumen dan pemasok. Tahap4.
Pada tahap4, manajer menandai komitmen sosial ekonomi yang tertinggi, yaitu bertanggung jawab pada masyarakat sebagai sesuatu keseluruhan.

Kewajiban sosial dan ketanggapan sosial
Kewajiban sosial adalah kewajiban bisnis untuk memenuhi tanggung jawab ekonomi dan hukumnya. Tanggapan sosial mengacu pada kapasitas suatu perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan kondisi sosial. Tanggung jawab sosial dan kinerja ekonomi

Cara memandang masalah tanggung jawab sosial dan kinerja ekonomi adalah dengan mengevaluasi dana saham bersama...

Rate this document

What do you think about the quality of this document?

Share this document

Let your classmates know about this document and more at Studymode.com