Southwest Airline

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1373 words )
  • Download(s) : 139
  • Published : March 25, 2010
Open Document
Text Preview
Company Profile
Kisah sukses dan keberhasilan Southwest Airlines dimulai pada tahun 1966 saat Herb Kelleher dan klien-nya Rollin King berbicara membicarakan keberhasilan Pacific Southwest Airlines, maskapai penerbangan yang hanya terbang di negara bagian California. Saat itulah King mengusulkan untuk memulai layanan sejenis tapi untuk negara bagian Texas. King memaparkan gagasan untuk menghubungkan tiga pusat metropolitan di Texas, yakni Dallas, Houston, dan San Antonio. Jarak antara ketiganya cukup jauh untuk ditempuh dengan kendaraan darat. sedangkan layanan penerbangan di antara kota-kota tersebut dikenal kurang memuaskan. Sampai tahun 1970 kedua pionir itu masih belum memiliki pesawat, tidak ada pegawai, dan hanya ada uang sejumlah $142 di bank, dengan lebih dari $80.000 tagihan yang harus dibayar.

Southwest Airlines berhasil tidak saja menumbuhkan perusahaan, tetapi juga mengembangkan nilai dan doktrin yang terbukti ampuh, yakni semangat persatuan di antara karyawan (esprit de corps), pengendalian biaya ketat, dan waktu pengoperasian pesawat yang cepat. Dasar manajemen sehat disertai dengan strategi jitu yang diletakkan Kelleher, terbukti berhasil. Tahun 1978, Southwest Airlines merupakan perusahaan yang sukses, dan sejak tahun 1973 selalu memperoleh keuntungan.

Dengan keberhasilan yang diperoleh, Southwest Airlines bisa saja membeli pesawat ukuran lebih besar, menjual tiket kelas satu, memulai penerbangan trans-kontinental, dan merombak secara radikal sifat Southwest Airlines pada saat itu juga. Tetapi Kelleher menolak melakukannya. Dan tetap memilih apa yang sudah menjadi ciri khas mereka. Dengan keputusan yang penuh pertimbangan itu, sekarang Southwest Airlines menjadi sebuah kisah sukses. Bahkan di awal 1990-an, ketika maskapai penerbangan besar melaporkan kerugian, Southwest Airlines masih untung, meski sedikit.

Pada bulan Januari 2005, Southwest Airline menandai 32 tahun berturut-turut perusahaan tersebut mengalami keuntungan. Biaya operasional Southwest Airline merupakan yang terendah di industri penerbangan lokal Amerika dan secara konsisten menempatkan diri sebagai maskapai penerbangan dengan harga tiket yang murah. Walaupun demikian, pelayanan Southwest Airlines tetap memuaskan pelanggannya dimana maskapai ini dinobatkan sebagai maskapai penerbangan dengan layanan paling memuaskan oleh majalah Inside Flyer tahun 2004 dan rangking pertama American Customer Satisfaction Index (ASCI) 2005.

Strategi
1. Positioning dan Efisiensi
Southwest Airlines dikenal memiliki ciri khusus, yakni harga tiket murah. Untuk bisa menawarkan jasa penerbangan murah tersebut, ada sejumlah faktor yang menentukan: 1. Mengurangi biaya katering yang biasa ditanggung airline lain dengan tidak menyediakan makanan lengkap selama penerbangan, hanya ada kacang dan makanan kecil. 2. Southwest Airlines hanya mengoperasikan satu jenis pesawat, yakni Boeing 737. Kebijakan ini memungkinkan perusahaan bisa memangkas biaya perawatan dan pelatihan kru pesawat, serta menyediakan layanan yang handal. 3. Tidak ada perbedaan kelas dalam penerbangan.

4. Kru pesawat dibayar per/perjalanan.
5. Tidak mendarat di airport yang sibuk dimana biaya penggunaannya lebih mahal. 6. Lebih menggiatkan pemesanan tiket online sehingga biaya agen travel dapat dikurangi. Sekitar 60% penghasilan Southwest Airlines berasal dari penumpang yang memesan tiket online. 7. Kru darat yang lebih sedikit namun efisien.

Pilihan itu jelas sudah diperhitungkan, dan ternyata memang bisa diterima dengan baik oleh para pelanggannya. Southwest Airlines tidak memandang perlu untuk melakukan investasi ekstra pada makanan, restorasi, dan pilihan kursi, yang justru merupakan faktor kompetitif bagi para pesaing tradisional dalam dunia penerbangan komersial. Pada kenyataannya, konsumen pesawat terbang komersial memang lebih menyukai tawaran inti dari maskapai penerbangan, yaitu harga tiket murah, penerbangan tepat waktu dan layanan yang memuaskan.

Dalam buku “Blue Ocean...
tracking img