Sejarah Quality Management

Continues for 5 more pages »
Read full document

Sejarah Quality Management

By | September 2009
Page 1 of 6
SEJARAH DAN TOKOH-TOKOH QUALITY MANAGEMENT

Dalam arti luas, quality assurance mengacu pada kegiatan apapun yang bersifat terencana dan sistematis, yang bertujuan untuk menyediakan produk (barang dan jasa) yang berkualitas memadai, dengan keyakinan bahwa produk tersebut memenuhi kebutuhan konsumen. Biasanya ini mencakup suatu jenis kegiatan pengukuran dan inspeksi. Quality assurance sebenarnya sudah menjadi aspek penting dalam operasi produksi sepanjang sejarah. Contohnya, sebuah lukisan dinding dari zaman peradaban Mesir kuno (sekitar 1450 SM) menunjukkan kegiatan pengukuran dan inspeksi.

Di abad pertengahan di Eropa, para pengrajin berperan sebagai produsen sekaligus inspektur. Mereka mulai membentuk serikat-serikat kerja yang bertugas mengembangkan aturan-aturan yang ketat untuk menjaga kualitas produk. Komite inspeksi/pemeriksa menegakkan peraturan tersebut dengan cara menandai barang yang tidak bercacat dengan simbol atau tanda khusus. Para pengrajin sendiri juga seringkali memberi tanda kedua pada barang-barang produksinya. Pada awalnya tanda ini berfungsi untuk melacak asal barang-barang yang cacat, namun dalam perkembangannya tanda ini menjadi representasi reputasi baik si pengrajin. Pendekatan dengan tanda-tanda ini dominan digunakan sampai masa revolusi industri di awal abad ke-19.

Revolusi Industri

Praktek-praktek kualitas di Amerika berevolusi di tahun 1800an sesuai dengan perubahan dalam metode produksi yang predominan pada masa itu: •Craftsmanship: keterampilan dalam suatu bidang diturunkan melalui apprenticeship. Untuk menjaga kualitas, guru-guru biasanya menginspeksi barang buatan para apprentice-nya sebelum dijual. •Sistem pabrik: keterampilan para pengrajin mulai dipecah-pecah menjadi tugas-tugas yang khusus. Kualitas produk dalam sistem ini dijaga dengan audit dan inspeksi. •Sistem Taylor: di akhir abad ke-19 AS mulai mengadopsi pendekatan baru yang dikembangkan oleh Frederick W. Taylor, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan...
Hide

Rate this document

What do you think about the quality of this document?

Share this document

Let your classmates know about this document and more at Studymode.com