Sastra Dan Masyarakat

Only available on StudyMode
  • Pages : 4 (886 words )
  • Download(s) : 623
  • Published : March 1, 2011
Open Document
Text Preview
Sastra dan Masyarakat
Donny Syofyan
Dosen Sastra Inggris FSUA

Tak seorang penulis-penulis besar yang merayakan tatanan sosial yang mapan. Mereka berpendapat bahwa kemapanan itu berpotensi akan membatasi dan merusak segala sesuatu, termasuk karya seni dan sastra dalam lingkup masyarakat. Mereka yakin bahwa masyarakat berperan membentuk nasib seseorang. Dalam masyarakatlah seseorang bertindak dan mendefinisikan dirinya. Sehingga kebanyakan novel berupaya untuk mengeksplor tentang seseorang, bukan masyarakat.

Memang masyarakat adalah medium. Karenanya novel kerap kali menjadi kritik sosial. Hanya saja, tokoh dan pengalaman seseorang akan mencerminkan nilai-nilai sosial. Bagi banyak sastrawan, banyak novel yang sebetulnya menekankan logika masyarakat ketimbang pemenuhan hasrat individual.

Madame Bovary, novel karya Flaubert, dipuji banyak kalangan karena mengandung dan memperkenalkan benih-benih novel naturalistik. Novel ini mengutarakan dampak yang ditimbulkan oleh lingkungan masyarakat terhadap individu. Flaubert, bagaimanapun, lebih menekankan dunia sebagai sebuah objek estetik.

Sementara pengarang lainnya tertarik pada isu-isu masyarakat yang inheren dalam suatu objek. Tujuan mereka adalah bukan sekadar membentuk kontemplasi estetik tapi lebih kepada upaya utuk menciptakan kesadaran sosial dan menyebarkan moral sosial. Inilah kemudian yang memunculkan apa yang disebut sebagai “novel sosial” pada dekade 1840 di Inggris. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya Mrs. Gaskell, Benjamin Disraeli, dan Charles Kingsley. Pendukung paling terkenal dari aliran novel naturalistik ini adalah EmileZola dan Thedore Dreiser—yan terakhir melahirkan novel sosiologi Amerika abad ke-20.

Perdebatan sengit antara publik dengan para pendukung aliran ini berpusat pada tuduhan bahwa pengarang aliran naturalistik memanfaatkan daya tarik novel populer untuk meraih audiens yang lebih luas seraya pada saat yang sama mengorbankan nilai artistik di satu sisi dan menurunkan derajat...
tracking img