Profession Ethics

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1726 words )
  • Download(s) : 386
  • Published : April 18, 2011
Open Document
Text Preview
TUGAS ETIKA PROFESI DAMPAK JEJARING SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN

Disusun Oleh: Winson Susanto / 1207006 Christine Dwi F. / 1207033 R. Arief Ramdan / 1207057 Ronald Alexander / 1209085

DEPARTMEN SISTEM INFORMASI INSTITUT TEKNOLOGI HARAPAN BANGSA 2011

BAGIAN I LANDASAN TEORI
Pengertian Jejaring Sosial Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. Secara umum, jejaring sosial merupakan suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Gambar 1.1 Diagram jaringan sosial

Situs Jejaring Sosial merupakan suatu layanan dari sebuah cakupan dari sistem software yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna yang lain dalam skala yang besar. Adapun karakteristik dari sebuah social software untuk jejaring sosial adalah memiliki open APIs, desain arsitektur yang berbasiskan service-oriented (SOA), dan kemampuan untuk upload data maupun media.

Pada dasarnya pembuatan dan perkembangan software sosial untuk Social Networking antara lain adalah bertujuan atau bermanfaat untuk: 1. Kebutuhan: software sosial dapat diinisialisasi oleh konsumen(pemakai), 2. Fokus: software sosial bisa dikatakan menekankan pada sisi sosial atau eksternal, 3. Tujuan: maksud dari dibuatnya software sosial adalah mengutamakan sisi emosional. Sejarah dan Perkembangan Jejaring Sosial Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs yang menggunakan model jejaring sosial ini. Layanan Jejaring Sosial Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lainlain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya.

BAGIAN II ARTIKEL

BAGIAN III PEMBAHASAN
Semakin banyak masyarakat yang menggunakan jejaring sosial, maka akan semakin banyak hal positif maupun negatif yang akan ditimbulkan baik untuk pengguna maupun lingkungan sekitarnya. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari jejaring sosial seperti kemudahan berkomunikasi, menjalin silaturahmi...
tracking img