Procter & Gambler Inc. Scope

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1497 words )
  • Download(s) : 90
  • Published : August 10, 2010
Open Document
Text Preview
Procter & Gamble, Inc.
Scope

LATAR BELAKANG
Procter & Gamble (P&G) adalah sebuah perusahaan consumer goods yang paling sukses di dunia. Pada tahun 1990 P&G menghasilkan keuntungan sekitar $1.6 milyar, dimana Canada memberi kontribusi sebesar $1.4 milyar. Para eksekutif P&G telah memberikan attribut untuk kesuksesan perusahaan dengan beberapa faktor termasuk diantaranya adalah kemampuan untuk membangun produk yang benar-benar inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

P&G Canada mempunyai lima divisi operasi, yang dikelompokkan berdasarkan kategori produk. Divisi tersebut yaitu: 1. Paper Products: Royale, Pampers, Luvs, Attends, Always 2. Food & Beverages: Duncan Hines, Crisco, Pringles, Sunny Delight 3. Beauty care: Head & Shoulders, Pantene, Pert, Vidal Sassoon, Clearasil, Clarion, Cover Girl, Max Factor, Oil Of Olay, Noxzema, Secret 4. Health Care: Crest, Scope, Vicks, Pepto-Bismol, Metamucil 5. Laundry and Cleaning: Tide, Cheer, Bounce, Bold, Oxydol, Joy, Cascade, Comet, Mr. Clean Masing-masing divisi memiliki Brand Management, Sales, Finance, Product Development, dan Operation.

The Canadian Mouthwash Market
Sampai dengan tahun 1987, market mouthwash tumbuh rata rata 3% per tahun selama 12 tahun. Pada tahun 1987, mengalami kenaikan 26% dengan adanya varian baru yaitu rasa pepermint. Sejak itu, rate pertumbuhan telah menurun ke level 5% di tahun 1990. Market mouthwash pertama kali dikembangkan oleh Warner-Lambert dengan brand pioner-nya yaitu Listerine, yang diposisikan sebagai mouthwash pembunuh kuman yang menghilangkan bau mulut, mendominasikan market sampai masuknya Scope ke pasaran pada tahun 1967. Scope adalah mouthwash hijau dengan rasa mint dan diposisikan sebagai penyegar mulut yang enak rasanya yang menyediakan pencegahan terjadinya bau mulut. Scope adalah brand pertama yang menawarkan pencegahan yang efektif melawan bau mulut yang juga mempunyai rasa yang lebih baik dibandingkan mouthwash lainnya. Pada tahun 1977, Warner-Lambert meluncurkan mouthwash Listerine sebagai direct competitor terhadap Scope.

KEY ISSUE
Selama tahun 1980an terjadi pergantian yang kompetitif di market mouthwash Canada yaitu : Listermint dengan tambahan fluoride, munculnya produk baru seperti Colgate Fluoride Rinse, Cepacol dan Plax. Plax ini sendiri diluncurkan tepatnya pada tahun 1988 dengan menggunakan platform yang berbeda dari mouthwash tradisional. Plax dirancang penggunaannya untuk sebelum sikat gigi dan dengan menggunakan itu akan mengurangi plak di gigi. Plax disebutkan lebih efektif daripada menggunakan sikat gigi biasa. Gwen Hearst sangat memperhatikan penjualan dari Plax sebagai kompetitor utama dari Scope. Sejak diperkenalkan pada tahun 1988, dimana market sharenya hanya 1%, pada tahun 1989 terjadi peningkatan yang cukup significan yaitu menjadi 10%. Hal ini tentu saja akan dapat mengancam produk Scope sebagai mouthwash. Dengan begitu terdapat dua hal yang harus diperhatikan yaitu : 1. Bagaimana P&G membuat strategi marketing dalam menghadapi laju pertumbuhan kompetitornya yang sangat berpotensi mengancam Scope? Hal ini terkait dengan strategi yang diterapkan P&G sebelum kalah bersaing, selain itu produk dari kompetitor yang lebih variatif dan penuh inovasi menjadi lebih digemari. 2. Bagaimana menjadikan Scope ini tetap menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam bidang mouthwash dan profit perusahaan tetap terjaga?

ANALISIS
Berikut ini analisa SWOT untuk produk Scope:
Strength
- Memiliki market share yang besar dan mempunyai nama besar dalam bidang mouthwash - Produknya berkualitas tinggi, dan telah melewati berbagai proses serta prosedur yang juga berkualitas - Berpengalaman dan termasuk yang ’senior’ dalam bidang mouthwash (mulai sejak tahun 1967) - Memiliki keunggulan dalam rasa (taste or flavor) dibanding dengan produk mouthwash lainnya Weakness

- Tidak memiliki diferensiasi produk lainnya jika kita bandingkan...
tracking img