Ppe Sfac No. 2

Only available on StudyMode
  • Pages : 4 (909 words )
  • Download(s) : 1114
  • Published : April 18, 2010
Open Document
Text Preview
Pengukuran Plant, Property and Equipment dengan Historical Cost dan Fair Value berdasarkan SFAC No. 2

SFAC No. 2 menjelaskan tentang karekteristik kualitatif dari informasi akuntansi, yang selanjutnya digunakan dalam melakukan analisis untuk membandingkan kelebihan dan kelemahan pengukuran Plant, Property and Equipment (PPE) dengan historical cost dan fair value.

[pic]

1. Relevansi

SFAC no. 2 mendefinisikan Relevansi sebagai kapasitas dari informasi untuk membuat perbedaan dalam suatu keputusan dengan membantu pengguna informasi dari akuntansi atau laporan keuangan untuk membuat prediksi yang terkait dengan outcomes dari peristiwa di masa lalu, saat ini dan masa datang atau untuk mengkonfirmasi dan mengkoreksi ekspektasi sebelumnya (yang dibuat di masa lalu). Tiga karekteristik utama dari relevansi adalah predictive value, feedack value dan timeliness.

a. Predictive Value

Predictive value didefinisikan sebagai kualitas dari informasi yang dapat membantu pengguna untuk meningkatkan tingkat ketepatan dalam melakukan prediksi (forecasting) untuk hasil dari kejadian di masa kini dan masa depan (SFAC No. 2). Beberapa studi melakukan kajian hubungan antara harga saham, returns, earnings forecasts, dan/ atau future earnings dan revaluasi dari PPE. Hasilnya secara umum menemukan bahwa revaluasi aset lebih relevan dari pada nilai biaya historis untuk menjelaskan harga dan tingkat pengembalian saat ini. Selain itu revaluasi PPE dapat meningkatkan kebenaran prediksi future earnings (di luar pembayaran dividen). Predictive value dari pengukuran nilai wajar dalam situasi dimana kelangsungan entitas tidak dalam waktu lama (no going concern) lebih baik dari pengukuran dengan biaya historis, terutama untuk mengestimasi harga akuisisi atau likuidasi aset perusahaan. Fair value dari aset dapat memberikan informasi yang relevan dalam memprediksi dividend restriction di Amerika Serikat, karena nilainya ditentukan oleh fair value dari ases dan laibilitas.

b....
tracking img