Periklanan Advertising Imc Indonesia

Only available on StudyMode
  • Pages : 46 (12806 words )
  • Download(s) : 1183
  • Published : August 1, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I
TINJAUAN UMUM TEORITIS

1.1.Definisi / Pengertian
1.1.1.Definisi Iklan
Menurut para praktisi periklanan, istilah iklan secara harafiah merujuk pada suatu kerangka pengertian tentang bentuk atau wujud dari suatu pesan komersial yang ditayangkan pada suatu media tertentu.[1] Secara sederhana, Rhenald Kasali mendefinisikan iklan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.[2] Iklan juga dapat didefinisikan sebagai fenomena global yang digunakan sebagai sarana penyampaian pesan bagi institusi atau perusahaan. Adapun pesan yang disampaikan tersebut memang beraneka ragam, namun pada dasarnya selalu bermuara kepada karakteristik yang sama, yaitu menjual barang, jasa, ide kepada target audience. Masyarakat Indonesia mendefinisikan iklan sebagai segala bentuk pesan atau informasi mengenai keberadaan produk atau jasa, yang disampaikan lewat media kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Iklan diakui sebagai alat yang efektif untuk memasarkan produk. Tanpa iklan para produsen dan distributor tidak akan dapat menjual barangnya, di sisi lain para pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai produk-produk barang dan jasa yang tersedia di pasar.3 Menurut Institut Praktisi Periklanan Inggris, periklanan didefinisikan sebagai berikut periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya semurah-murahnya.4 Jadi, sebenarnya definisi dari istilah iklan adalah merupakan suatu komunikasi secara massa yang digunakan untuk menyampaikan dan menawarkan sebuah pesan, ide, informasi yang bisa berupa produk atau jasa kepada audience dengan tujuan tertentu, yaitu membujuk atau mempengaruhi, yang dilakukan melalui suatu media yang dianggap tepat. Iklan dianggap sebagai sarana penyampaian pesan dan informasi terbagi atas beberapa jenis meliputi :[3] 1. iklan merek (Brand Advertising)

-Fokus utama : mengembangkan image dan identitas suatu produk. - Pendekatan ini banyak digunakan pada iklan Mode (Fashion). 2. iklan Eceran (Retail Advertising)
-Fokus : mengiklankan suatu tempat dimana konsumen dapat membeli macam-macam produk dan jasa yang ditawarkan. -Tipe iklan ini sering ditemukan di surat kabar lokal.
3. iklan Politik (Political Advertising)
-Fokus : mempengaruhi orang lain agar mau mendukung politisi tertentu. -Banyak mengandung kritikan, cenderung mengarah ke hal-hal yang negatif. 4. Iklan langsung (Direct Advertising)
-iklan berbentuk cetakan dan dikirim langsung melalui pos.
5. iklan Antar Bisnis (Business to Business Advertising)
-iklan yang ditujukan kepada mereka yang sesuai pekerjaannya, seperti para pedagang, kalangan industri, dan layanan usaha. 6. iklan institusi (Corporate Advertising)
-Fokus : Membangun image atau citra masyarakat terhadap sebuah organisasi atau perusahaan. -Disebut juga iklan koorporate.
7. Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Advertising)
-Menyampaikan pesan untuk kepentingan masyarakat

Iklan adalah bagian dari bauran promosi (Promotion Mix) dan merupakan sarana yang sangat penting dalam pemasaran. Bagaimanapun bentuk dan penyampaiannya, inti dari iklan adalah proses penyampaian pesan atau informasi, karenanya iklan juga merupakan bagian dari periklanan sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan akhir yaitu tersampainya pesan pada sasaran yang diiinginkan. Selain itu yang perlu diingat iklan bukanlah merupakan komunikasi interpersonal, melainkan nonpersonal karena dalam penyelenggaraannya iklan selalu terkait dengan media yang melibatkan banyak orang (massa) dan ditujukan untuk orang banyak.

Disamping itu, iklan sebagai bagian adri aktivitas pemasaran mempunyai fungsi-fungsi yang penting, sebagai berikut : [4] a. Menginformasikan kepada masyarakat mengenai sesuatu yang baru dan perkembang dari sebuah produk, serta mengajarkan bagaimana cara menggunakannya....
tracking img