Peranan Auditor

Only available on StudyMode
  • Pages : 67 (16552 words )
  • Download(s) : 646
  • Published : December 6, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I TEORI TEORI ETIKA

1. Pengertian Etika

Untuk memahami apa itu etika sesungguhnya kita perlu membandingkannya dengan moralitas. Baik etika dan moralitas sering dipakai secara dapat dipertukarkan dengan pengertian yang sama begitu saja.etika berasal dari kata Yunani ethos yang berarti “adat istiadat” atau ‘kebiasaan”. Dalam pengertian ini etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain atau kelompok masyarakat. Sedangkan moralitass berasal darikata mores berarti ‘adat istiadat “ atau ‘kebiasaaan”. Jadi,dalam pengertian harfiahnya etika dan moralitas sama sama berarti sistem nilai tentang bagaimana manusia harus hidup baik sebagai manusia yang telah diinstitusionalisasikan dalam sebuah adat kebiasaan yang terwujud dalam pola perilaku yang terulang dalam waktu yang lama sebagaimana layaknya sebuah kebiasaan.

Etika dalam pengertian kedua dapat dirumuskan sebagai refleksi kritis dan raaasional mengenai 9a) nilai dan norma yang menyangkut bagaimana manusia harus hidup baik sebagai manusiia dan mengenai (b) masalah masalah kkehidupan maaanusia dengan mendasarkan diri pada nilai dan norma-norma moral yang umum diterima.

Karena etika adalah refleksi kritis terhadap moralitas, maka etika tidak bermaksud membuat manusia bertindak sesuai dengan moralitas begitu saja. Etika memang pada akhirnya mengharapkan agar orang bertindak sesuai dengan nilai dan norma moral yang berlaku,tapi kesesuaian itu bukan karena semata mata karena tindakan yang baik itu diperintahkan oleh moralitas(oleh nenek moyang,oleh orang tua,oleh guru,bahkan oleh tuhan) melainkan oleh dirinya sendiri dan sarar bahwa hal itu memmang baik bagi dirinya dan orang lain.

Seacara umum kita dapat membedakan dua macam norma,yaitu norma khusus dan norma umum. Norma khusus adalah aturan yang berlaku dalam bidang kegiatan atau kehidupan khusus, misalnya aturan olah raga, aturan pendidikan, khusus lagi aturan disekolah, dan sebagainya.Norma umum sebaliknya bersifat umum dan ssampai tingkat tertentu boleh dikatakan bersifat unibersal. Norma ini dibedakan menjadi tiga, yaitu :

Norma sopan santun atau norma etiket adalah yang mengatur tentang pola perilaku dan sikap lahiriah manusia, misalnya menyangkut perilaku bertamu ,makan dan minum,berpakaian dan sebagainya. Norma ini tidak menentukan baik buruknya seseorang sebagai manusia. Karena ia hanya menyangkut sekap dan perilaku lahiriah.

Norma hukum adalah norma yang dituntut keberlakuannya secara tegas oleh masyarakat karena dianggap perlu dan niscaya demi keselamatan dan kesejahteraan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Norma ini mencerminkan harapan, keinginan dan keyakinan seluruh anggota masyarakat tersebut tentang bagaimana hidup bermasyarakat yang baik dan bagaimana masyarakat tersebut harus diatur secara baik.

Norma moraal adalah aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia. Norma ini menyangkut baik buruknya, adil tidaknya dan perilaku manusia sejauh ia dilihat sebagai manusia. Norma moral lalu di pakai masyarakat untuk menentukan baik buruknya tindaan manusia sebagai manusia, entah sebagai anggota masyarakat ataupun sebagai orang dengan jabatan dan profesi tertentu.

Bisa dilihat bahwa ada beberapa ciri utama yang membedakan norma moral dan norma umum yang lainya, kendati dalam kaitan dengan Norma hukum ciri ciri ini bisa tumpang tindih.

Pertama kaidah moral berkaitan dengan hal hal yang mempunyai atau dianggap mempunyai konsekuensi yang serius bagi kesejahteraan, kebaikan dan kehidupan manusia, baik sebagai pribadi maupun sebagai kelompok.

Kedua, norma moral yang ditetapkan dan/atau diubah oleh keputusan penguasa tertentu. Ini berbeda dengan hukum atau aturan khusus lainnya. Norma moral dan juga norma hukum merupakan ekspresi,cermin dan harapan masyarakat mengenai yang baik dan yang buruk.

Ketiga, Norma moral selalu menyangkut sebuah perasaan khusus tertentu, yang oleh beberapa...
tracking img