Pengembangan Sistem Informasi Klinik Kecantikan

Only available on StudyMode
  • Pages : 52 (11816 words )
  • Download(s) : 274
  • Published : November 1, 2010
Open Document
Text Preview
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KLINIK KECANTIKAN

Studi kasus pada Klinik Rafa Health and Beauty Lifestyle

PENELITIAN

Disusun oleh:
Boby Wiryawan S, S.E., Ak
110020

DEPARTEMEN AKUNTANSI
HARAPAN BANGSA BUSINESS SCHOOL
2009

ABSTRAK

Sistem informasi berbasis komputer dikembangkan untuk memberi nilai tambah pada perusahaan dalam menghadapi kompetisi dari para saingannya. Dalam sebuah klinik kecantikan, sebuah sistem informasi dikembangkan untuk membantu pihak manajerial dalam melakukan proses bisnis mereka sehari-hari. Didalam sistem informasi klinik kecantikan terdapat beberapa sub sistem yang menangani aktivitas- aktivitas bisnis yang berbeda namun saling terkait, seperti: pembelian, proses treatment, proses konsultasi, penjualan produk, absensi, dan penggajian. Transaksi tersebut dapat saling terhubung karena adanya database yang tersentralisasi, dengan master data yang ada yaitu: data konsumen, pegawai, treatment, produk, dan supplier. Adapun tujuan dibangunnya sistem informasi klinik kecantikan untuk membantu pencatatan transaksi setiap hari, pencetakan faktur, serta menghasilkan informasi/laporan seperti: stock, pembayaran supplier, pendapatan, penggajian, dan komisi therapist yang real-time dan akurat Sistem informasi klinik kecantikan juga dilengkapi dengan pemisahan otoritas, sesuai dengan autentikasi user yang mengakses agar tidak terjadi penyalahgunaan informasi ataupun manipulasi data oleh pihak yang tidak memiliki hak akses. Adapun sistem ini dikembangkan berdasarkan analisa salah satu klinik kecantikan terbesar di Bandung, yaitu: klinik Rafa Health and Beautylifestyle. Selain itu, sistem ini juga telah diimplementasikan setelah terlebih dahulu diuji oleh manager Rafa.

Kata kunci : Sistem informasi, database, klinik kecantikan, subsistem, proses bisnis KATA PENGANTAR

Puji Tuhan penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, karena dengan kasihnya Penyusun dapat menyelesaikan penulisan tugas akhir yang berjudul “Pengembangan Sistem Informasi Klinik Kecantikan (Studi Kasus pada Klinik Rafa and Health Beauty Lifestyle)”.

Dalam penyusunan laporan penelitian ini, penulis banyak di bantu berbagai pihak, dengan ini penulis menyatakan terimakasih kepada: 1. Tuhan Yesus, atas segala rahmat, anugrah, hikmah yang telah diberikanNya sehingga penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik. 2. Keluarga, yang selama ini telah memberi dukungan dan perhatian kepada penyusun sehingga penelitian ini dapat diselesaikan. 3. Bapak Drs. Sehat E. Ginting, M.Si, Ak selaku Ketua STIE-HB yang mendukung penulis dalam penelitian ini. 4. Rekan-rekan dosen yang mendukung dan membantu penulis dengan saran-saran sehingga penelitian ini dapat diselesaikan dengan baik. 5. Pihak lain yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu. Akhir kata, penyusun memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja selama pelaksanaan penelitian. Besar harapan penyusun semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang membutuhkan informasi dan dunia pendidikan pada umumnya.

Bandung, 14 September 2009

Penulis

DAFTAR ISI

ABSTRAK i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
DAFTAR GAMBAR vi
DAFTAR TABEL viii
DAFTAR LAMPIRAN ix

BAB I PENDAHULUAN 1
I.1 LATAR BELAKANG MASALAH 2
I.2 PERUMUSAN MASALAH 2
I.3 TUJUAN 2
I.4 BATASAN MASALAH 3
I.5 METODE PENELITIAN 3
I.6 SISTEMATIKA PENULISAN 3

BAB II STUDI LITERATUR 5
II.1 KLINIK KECANTIKAN 5
II.2 SISTEM INFORMASI 5
II.2.1 SISTEM INFORMASI KLINIK KECANTIKAN 6
II.2.1.1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI 7
II.2.1.2 SISTEM PENJUALAN DAN TREATMENT 7
II.2.1.3 SISTEM PEMBELIAN 8
II.2.1.4 SISTEM CUSTOMER 8
II.2.1.5 SISTEM KEPEGAWAIAN 10
II.3 SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE 10
II.4 PEMODELAN 12
II.4.1 USE CASE DIAGRAM 13
II.4.2...
tracking img