Pengaruh Musik Klasik

Only available on StudyMode
  • Pages : 3 (708 words )
  • Download(s) : 1567
  • Published : June 5, 2010
Open Document
Text Preview
Menurut Eagle (1978) dalam buku ”Handbook of Music Psychology”, pengertian musik adalah :

Defining music as organized sounds and silences in a flow of time (and in space), several tentative conclusions and questions have arisen: Musicàsoundàvibration(?).And vibration (energy) is the essence of all things (mass)…

Musik klasik adalah komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825. Biasanya musik klasik digolongkan melalui periodisasi tertentu, mulai dari periode klasik, diikuti oleh barok, rokoko, dan romantik. Pengertian lain dari musik klasik adalah semua musik dengan keindahan intelektual yang tinggi dari semua jaman, baik itu berupa simfoni Mozart, kantata Bach atau karya-karya abad 20.( http://dhani.blogspot.com/2003/09/musik-klasik.html). Rock progresif lahir dari gerakan counterculture tahun 1960-an dan berusaha mendobrak pengotak-kotakan musik rock dengan mengeksplorasi bentuk-bentuk baru. Musik rock progresif yang paling dikenal adalah kombinasi energi musik rock dengan klasik yang megah dan monumental. Tetapi ada pula yang menggabungkan unsur-unsur jazz, folk, R&B, avant-garde, world music, dan sebagainya. Cikal bakal rock progresif adalah rock psikedelik yang lahir di lingkungan underground di Inggris pada pertengahan 1960-an. Ciri khas konser musik psikedelik menawarkan citra berupa warna-warna cemerlang dan sarat halusinasi dan bersemangat eksperimental untuk mendobrak batas-batas dan norma-norma yang ada sebelumnya (http://www.kompas.com/kompas-cetak/0310/31/Musik/644780.htm )

Sedangkan menurut (http://lacsar.blogspot.com/2003_01_26_lacsar_archive.html) Rock progressive adalah :

"Progressive rock ("prog") was a musical movement that reached its peak in the early 1970s and attempted to blend the visceral style of rock music with outside influences: classical, jazz, folk, and world musics, for example."

Efektivitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan atau sasarannya (Etzioni,1964)....
tracking img