Password Cracking

Only available on StudyMode
  • Pages : 3 (628 words )
  • Download(s) : 463
  • Published : December 24, 2008
Open Document
Text Preview
Password cracking adalah proses menemukan kata kunci rahasia dari data yang telah disimpan dan atau dikirim oleh sistem komputer. Pendekatan umumnya dengan secara terus-menerus menebak password yang ingin di-crack. Tujuan password cracking adalah untuk membantu user memperoleh kembali password yang hilang/lupa, untuk mendapatkan hak-hak akses ke sebuah sistem, atau sebagai ukuran pencegahan oleh administrator sistem untuk mengecek password-password yang dapat di-crack dengan mudah. Istilah password cracking terbatas untuk menemukan kembali satu atau lebih plaintext password dari password yang di-hash.

Password cracking membutuhkan attacker yang dapat mengakses hashed password, ataupun dengan membaca database verifikasi password maupun dengan mencegah hashed password dikirim ke jaringan luar. Dapat juga dengan sebuah cara mencoba-coba memasukkan password sampai benar seperti yang dikenal dengan metode brute force attack.

Cara Mendapatkan Password

1. Aksi Pasif

Salah satu cara untuk mendapatkan password bisa dilakukan dengan “tanpa melakukan apa-apa”. Aksi Pasif (yang biasa disebut juga “do nothing”) dalam hal mendapatkan password, baik itu dengan cara memanfaatkan kemampuan (ataukah celah?) yang di berikan oleh aplikasi atau dukungan protokol yang di manfaatkan. Kita bisa mendapatkan password tanpa harus melakukan usaha yang sulit atau bahkan kegiatan ”cracking” ke mesin pengguna. Ada beberapa cara untuk mendapatkan password secara pasif.

a. Kemampuan aplikasi

Salah satu hal yang menyebabkan ini terjadi adalah di karenakan adanya beberapa layanan (fasilitas) yang di berikan oleh aplikasi web browser yang dapat menyimpan user name dan password pengguna yang biasanya di gunakan untuk mengakses halaman web dan khususnya melakukan keperluan login kesuatu halaman pribadi (misal : membuka e-mail).

b. Dukungan protokol

Hal ini merupakan salah satu kelemahan yang dilayani oleh ”clear text” protokol (dalam hal ini adalah protokol Ymsg). Kita disini...
tracking img