Music to Your Life

Only available on StudyMode
  • Pages : 96 (31471 words )
  • Download(s) : 113
  • Published : April 20, 2011
Open Document
Text Preview
Musik merupakan salah satu bentuk seni yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa penelitian menemukan bahwa musik dapat memberikan manfaat penting bagi intelegensia, fungsi otak dan perasaan seseorang. Isu-isu tentang pengaruh positif pendidikan musik telah membuat lembaga pendidikan musik semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan. Persaingan ketat antar lembaga kursus musik pun semakin tak terrelakkan. Dalam menghadapi persaingan, lembaga kursus musik harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Pelanggan tidak hanya melihat proses pelayanan yang diberikan tetapi juga melihat hasil yang didapatkan setelah belajar di lembaga kursus musik. Proses pembelajaran dan hasil pembelajaran harus benar-benar diperhatikan oleh lembaga kursus musik untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dimensi kualitas jasa merupakan faktor utama penentu kepuasan pelanggan. Pelanggan utama dunia pendidikan adalah siswa. Dengan demikian, analisis kepuasan pelanggan berdasarkan persepsi siswa perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas jasa agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam menentukan dimensi kualitas jasa, penelitian ini mengintegrasikan model gronroos dan bauran pemasaran jasa. Dimensi kualitas jasa yang terbentuk adalah Dimensi kualitas fungsional, kualitas teknis dan image. Ketiga dimensi tersebut diukur dengan mempertimbangkan aspek bauran pemasaran jasa. Penelitian dilakukan di lembaga kursus musik "X". Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa kursus musik "X". Data yang diperoleh sebanyak 158 set kuesioner yang diisi lengkap. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis faktor & analisis regresi. Hasil dari pengolahan data memperlihatkan bahwa kualitas fungsional, kualitas teknis dan citra berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Urutan dimensi yang berpengaruh paling besar hingga paling kecil adalah kualitas teknis, image, dan kualitas fungsional. Analisis perbedaan persepsi juga dilakukan dengan menggunakan one way ANOVA. Hasil dari pengujian ini menyimpulkan bahwa tidak terjadi perbedaan persepsi antara siswa yang berbeda jurusan. Perkembangan musik di dunia maju dengan pesat. Di era globalisasi ini, Indonesia juga terkena imbasnya, demikian juga kota Bandung yang merupakan salah satu barometer musik Indonesia. Tidak sedikit musisi ternama Indonesia yang berasal dari kota Bandung.

hal ini tidak didukung oelh tersedianya fasilitas kegiatan musik yang memadai, baik dari segi tempat pertunjukkan maupun tempat-tempat belajar alat musik. Tempat pelatihan yang ada sekarang, kebanyakan diwadahi oleh sebuah sarana tempat yang sebenarnya tidak diperuntukkan bagi kegiatan berlatih alat musik, seperti rumah tinggal yang beralih fungsi menjadi tempat les musik, ataupun ruko-ruko yang berfungsi sebagai studio latihan musik. Karena tidak dirancang untuk fungsi yang semestinya, maka fasilitas ini menjadi kurang memenuhi persyaratan tertentu yang seharusnya dipenuhi.

Dalam merancang fasilitas pelatihan musik harus diperhatikan faktor akustik sebagai kunci dan kegiatan bermusik. Banyak fasilitas latihan musik yang tidak memperhatikan faktor akustik dengan benar sehingga banyak sarana tempat latihan musik ini yang kurang dapat menghasilkan suara yang seharusnya jika digunakan untuk kegiatan bermusik.

Hal-hal di ataslah yang menjadi alasan perlunya, dirancang suatu fasilitas kegiatan bermusik, dalam hal ini adalah Pusat Pelatihan dan Apresiasi Musik yang dapat menampung kegiatan bermusik, mulai dari bermain alat musik sampai hanya sekedar menikmati musik itu sendiri.

Dalam Pusat Pelatihan dan Apresiasi musik yang lebih diutamakan adalah fungsi pelatihan musik dan fasilitas komersial sebagai fasilitas pendukung dan penarik massa untuk berkunjung serta fasiiltas pertunjukan sebagai fasilitas pendukung. Untuk mewakili sifat musik yang dinamis, maka massa bangunan juga dirancang sedemikian rupa sehingga menunjukkan ekspresi...
tracking img