Read full document

Motif Dan Motivasi

Page 1 of 3
0906484
PPB B
MOTIF DAN MOTIVASI
MOTIF
Motif adalah alasan sebab orang melakukan sesuatu. (KBBI)
Motif adalah suatu keadaan, kebutuhan atau dorongan dalam diri seseorang yang disadari atau tidak ldisadari yang membawa kepada terjadinya suatu perilaku.(Azwar, DR.Yayu Khodijah,2006) Motif merupakan salah satu aspek psikis yang paling berpengaruh dalam tingkah laku individu. Motif diartikan sebagai perilaku sangat kompleks dalam organism(individu) yang mengarahkan perilakunya kepada satu tujuan, baik disadari atau tidak. Perilaku tersebut bertujuan untuk mendapatkan insentif, jadi dapat disimpulkan bahwa adanya keinginan diluar(need) dan dorongan(drives) untuk memperoleh suatu hal. Penggolongan motif:

Motif primer (primary motive)
Dorongan fisiologis: lapar,haus,pernafasan,seks
Dorongan umum: doronrgn takut, kasih saying,kegiatan, kekaguman Motif sekunder (emergency motive)
Takut yang dipelajari
Motif social
Motif objektif dan interest
Maksud
Motif berprestasi
Menurut Abraham Maslow tingkatan motif:
Motif fisiologis
Motif pengamanan
Motif persaudaraan dan kasih sayang
Motif harga diri
Motif aktualisasi diri
MOTIVASI
Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri sendiri secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. (KBBI) Motivasi adalah dorongan dari dalam untuk berbuat sesuatu, baik positive maupun negative (Dadi Permadi 2000: 72) Esensi motivasi, bahwa motivasi itu merupakan:

Suatu kekuatan (power)
Suatu keadaan yang kompleks
Suatu motivasi akan timbul dan berkembang dengan jalan: Datang dari dalam diri individu itu sendiri (instrinsik ) Dating dari lingkungan...

Rate this document

What do you think about the quality of this document?

Share this document

Let your classmates know about this document and more at Studymode.com