Membuat Metaball Dengan Menggunkaan Teknik Marching Cubes

Only available on StudyMode
  • Pages : 8 (1991 words )
  • Download(s) : 584
  • Published : October 18, 2010
Open Document
Text Preview
Membuat Metaball dengan Menggunakan Teknik Marching Cubes
Jennifer S.K. Karamoy
Gunadarma University Jl. Margonda Raya 100 Depok, Indonesia


Nuniek Nur Sahaya



Gunadarma University Jl. Margonda Raya 100 Depok, Indonesia

jskk@student. gunadarma.ac.id ABSTRACT
In the current era of rapid development technology, utilization of computer graphics is very important. It is needed mostly for visualization, used for visualize the objects that exist in the real world into graphic objects. Focussing on metaball object, there are many methods or techniques that can be used for rendering metaball, with advantages and disadvantages of each method. Among many techniques for the process, here is presented the very good technique to generate 3D metaball objects with high resolution image. Only the Marching Cubes algorithm technique which can produce high resolution on a metaball object. This paper provides an explanation of how the Marching Cubes algorithm can be applied in metaball objects and produce high resolution 3D object

nunieknursahaya@student. gunadarma.ac.id
dari objek ini adalah seperti balon karet berukuran panjang yang tertekan pada bagian tengah. Metaball tidak dapat berdiri sendiri, minimal harus ada dua objek metaball (Figure 1 bagian I) dan tidak boleh berinteraksi dengan objek selain metaball. Metaball, [2] diketahui juga sebagai ”Blobby Objects”, adalah salah satu jenis teknik pemodelan implisit. Sehingga, dapat digambarkan metaball sebagai partikel yang dikelilingi oleh bidang kepadatan, dimana kepadatan yang berhubungan dengan partikel tersebut menurun dengan jarak dari lokasi partikel. Suatu permukaan dinyatakan langsung dengan mengambil sebuah isosurface melalui bidang kepadatan ini, semakin tinggi nilai isosurface, semakin dekat dengan partikel. Metaball juga merupakan potongan-potongan geometri (bola, kubus, silinder, dll) yang menarik energi yang menyertainya. Ketika objek metaball masuk ke dalam suatu jarak (Figure 1 bagian II), mereka saling menarik permukaan satu sama lain sejauh jarak yang relatif mereka dapat, dan tentang hal ini user dapat mengontrolnya.

Keywords
Metaball, Marching Cubes, Grafik Komputer

1. PENDAHULUAN
Pada era teknologi yang sangat berkembang pesat ini, membentuk sebuah bola menggunakan teknologi grafik komputer bukan merupakan sesuatu yang istimewa seperti yang dirasakan bertahun-tahun lalu. Bahkan dari sebuah objek bola saja, dapat terbentuk objek-objek lain yang menyerupai bola sehingga dapat dikatakan bahwa melalui animasi 3D terus dihadirkan karya-karya yang tidak berkesudahan. Makalah ini membahas teknik rendering yang dari sebuah objek bernama metaball untuk menghasilkan resolusi yang tinggi pada suatu objek metaball. Metaball [6] adalah objek dengan bentuk seperti bola yang dapat menarik objek metaball lainnya berdasarkan jarak di antara objek-objek terkait. Efek yang dapat digambarkan ∗Student of Sarmag Program, Gunadarma University. †Student of Sarmag Program, Gunadarma University.

Figure 1: Dua objek metaball bergabung menjadi satu objek metaball

Aspek potensial sebuah metaball adalah cara mereka dikombinasikan. Dengan hanya menjumlahkan pengaruh masingmasing metaball pada titik tertentu, akan diperoleh campuran yang sangat halus dari pengaruh bidang bola. Persamaan berikut ini mendefinisikan permukaan isosurface dengan lebih dari satu metaball [2].

N

f (x, y, z) =
i=0

fi (x, y, z) − T = 0

Sebuah metaball i adalah sebuah objek bola, dengan sebuah bidang potensial yang terpusat pada titik pusatnya pi . Bidang kepadatan dari i didefinisikan sebagai fungsi kepadatan fi , yang secara monotonik menurun dengan jarak r dari pi . Isosurface dari sebuah bidang kepadatan didefinisikan menggunakan sebuah permulaan T. Algoritma 3D yang ada biasanya kurang detail, sehingga disarankan untuk menggunakan algoritma membangun permukaan 3D yang beresolusi tinggi yang mampu menghasilkan model-model objek dengan detail yang sebelumnya tidak pernah ada....
tracking img