Memahami Intelegensi Musik

Only available on StudyMode
  • Pages : 14 (3238 words )
  • Download(s) : 867
  • Published : November 2, 2010
Open Document
Text Preview
Memahami Intelegensi Musik

Musik adalah bahasa pendengaran yang menggunakan 3 Komponen dasar: Intonasi, suara dan warna nada. Biasanya dengan notasi sistem simbol yang unik. Tak terhitung banyaknya kombinasi dari ketiga elemen ini yang menghasilkan keaneka ragaman musik yang luar biasa yang ditemukan diseluruh dunia.

Howard Gardner didalam buku Frame of Mind (Bingkai Pemikiran), bahwa setiap individu normal yang sering berkontak dengan musikdapat memanipulasi intonasi suara, irama dan warna nada untuk berpartisipasi dengan banyak keahlian di bidang aktivitas bermusik atau memainkan instrumen. Musik didalam rumah dan lingkungan memberikan dasar yang penting bagi pengalaman yang kemudian hari dapat menyatu dengan mata pelajaran sekolah.

Karena adanaya hubungan yang kuat antara musik dan emosi, musik diruangan kelas dapat membantu menciptakan keadaan emosi positif yang kondusif bagi pendidikan. Musik juga dapat digunakan untuk menambah ketegangan, kesedihan, tragedi atau kegembiraan sebuah cerita dari literatur dan sejarah yang besar. Musik bahkan bisa juga digunakan atau diciptakan untuk mengekspresikan humor.

Sifat – sifat Intelegensi Musik
Banyak filosof di masa lalu memasukkan musik sebagai bagian yang penting didalam pendidikan. Plato manyatakan bahwa ”irama dan harmoni merasuk kedalam jiwa dan bersemayam dengan kuat disana”.

Aristoteles juga termsuk pendukung pertama yang mempercayai pedidikan musik secara luas dengan menyatakan bahwa “Kita akan mencapai kualitas karakter tertentu dengan menghargai musik”.

Musik merupakan salah satu alat pendidikan yang penting untuk mengembangkan kecakapan yang sangat diinginkan oleh para pelajar di Amerika Serikat. Sebagai contoh laporan yang dikumpulkan oleh Konferensi Nasional Guru Musik dari tahun 1987 – 1989. Para pelajar yang mengambil kursus musik memiliki skor rata – rata 20 sampai 40 poin pada mata pelajaran lisan/verbal dan matematika berdasarkan tes Pencapaian Kemajuan Pelajaran dibandingkan pelajar yang tidak mengambil kursus musik. Hal ini membuktikan musik memberikan pengaruh yang positif terhadap pencapaian kemajuan akademik secara umum.

Ada beberapa pelajar yang memiliki kemampuan bermusik melebihi yang lain dan bakat tersebut terlihat sejak kecil. Seperti pernyataan Howard Gardner bakat musik muncul sejak awal secara tidak terduga dibandingkan dengan bakat dalam bidang lainnya pada intelegensi manusia.

Mengidentifikasi beberapa karakteristik dari pelajar yang memiliki bakat musik yang dapat berkembang dengan baik: 1.Mendengarkan dan merespon dengan ketertarikan terhadap berbagai bunyi. 2.Menikmati dan mencari kesempatan untuk mendengarkan musik dan suara-suara alam pada suasana belajar. 3.Merespon terhadap musik secara kinestik dengan cara memimpin/konduktor, memainkan, menciptakan, atau berdansa. 4.Mengenali dan mendiskusikan berbagai gaya musik, aliran, dan variasi gaya yang berbeda . 5.Mengoleksi musik dan informasi mengenai musik dalam berbagai bentuknya. 6.Mengembangkan kemampuan menyanyi dan atau meminkan instrumen secara sendiri atau bersama orang lain. 7.Menggunakan perbendaharaan dan notasi musik.

8.Mengembangkan referensi kerangka berpikir pribadi untuk mendengarkan musik. 9.Menikmati improvisasi dan bermain dengan suara atau bunyi dan bila diberi frase musik dapat melengkapi pengungkapan musik dengan cara yang masuk akal. 10.Dapat memberikan interprestasi menurut pendapat pribadi mengenai apa yang komposer sampaikan melalui musiknya. 11.Mengungkapkan ketertarikan untuk berkarir di bidang musik. 12.Dapat menciptakan komposisi asli dan atau instrumen musik.

PROSES BELAJAR MUSIK

Aktivitas musik yang disebutkan dibawah ini dimaksudkan untuk mempermudah belajar bahan pelajaran akademik. Banyak guru yang menghindari strategi seperti dalam pengajaran musik karena mereka kurang pengalaman dalam bidang musik. Strategi yang ditawarkan disini merupakan cara yang sangat bergunan bagi siswa dan guru maupun untuk mengadopsi...
tracking img