Mcdonald-Bandung Indah Plaza, Consumer Behaviour

Only available on StudyMode
  • Pages : 12 (3010 words )
  • Download(s) : 1445
  • Published : October 22, 2008
Open Document
Text Preview
Latar Belakang Perusahaan
McDonald’s Corporation merupakan jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia, yang melayani 47 juta pelanggan setiap hari. Produk dasar yang dijual McDonald’s adalah ayam, kentang, burger, dan softdrink. Sebagian besar restoran McDonald’s dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak dan ruangan yang didesain dengan nuansa anak-anak. Setiap restoran McDonald’s dapat dioperasikan secara franchise, afiliasi, maupun dioperasikan oleh manajemennya sendiri. Pendapatan perusahaan dapat diperoleh dari hasil penyewaan tempat, royalti, dan fee yang dibayar oleh franchisees sebanyak perolehan operasi restoran tersebut. Bisnis makanan ini didirikan pertama kali di San Bernardino, California, pada tahun 1940 oleh Dick dan Mac McDonald. Mereka memperkenalkan “Speedee Service System” pada tahun 1948 dengan menetapkan prinsip restoran fast-food modern. Maskot asli McDonald’s merupakan pria denga topi koki diatas hamburger berbentuk kepala yang dinamai “Speedee”. Nama “Speedee” akhirnya diganti menjadi Ronald McDonald pada tahun 1963. Franchise McDonald’s pertama kali dimiliki oleh Ray Kroc di Des Plaines, Illinois pada tanggal 15 April 1955, hingga kemudian Kroc membeli tidak hanya sembilan restoran McDonald’s brothers tetapi juga equity McDonald’s dalam perusahaan dan menjadikannya mendunia dengan aktivitas ekspansi yang cepat, serta menjadikannya terdaftar dalam pasar saham publik pada tahun 1965. McDonald’s Kroc akhirnya lebih berhasil daripada McDonald’s brothers asli yang pada saat ini hanya tinggal monumen. Manajemen McDOnald’s terus mengembangkan perusahaan dengan cara memaksimalkan penjualan dan keuntungan dari restoran yang ada, dan menambah jumlah restoran baru, serta memperbaiki keuntungan internasional. Ray Kroc melandasi kerajaan bisnisnya dengan prinsip Kualitas, Pelayanan, Kebersihan, dan Nilai. Kroc juga membangun tujuan yang nyata dan praktek operasi yang spesifik untuk menggapai visinya. McDonald’s diminati oleh masyarakat menengah bawah dan berkembang dengan sangat cepat. Pada tahun 1991, McDonald’s memiliki penghasilan sebesar $13 milliar dari total $93 milliar yang diperoleh industri fastfood, mengoperasikan 12,400 restoran pada 59 negara meliputi perusahaan pribadi, franchisees, dan joint venture. Di USA saja, lebih dari 18 juta orang mengunjungi McDonald’s setiap hari. Saat ini, Restoran McDonald’s dapat dijumpai di 119 negara di dunia dan melayani hingga 47 juta pelanggan setiap hari. McDonald’s mengoperasikan lebih dari 31,000 restoran di seluruh dunia, mempekerjakan lebih dari 1,5 juta pegawai, dan juga mengoperasikan restoran lain seperti Piles Cafe, memiliki saham mayoritas di Chipotle Mexican Grill sebelum melakukan divestasi pada bulan oktober tahun 2006, dan saham minoritas di Pret a Manger. Hingga akhir tahun 2003, McDonald’s juga menjadi salah satu pemilik Donatos Pizza, dan pada tanggal 27 Agustus 2007, McDonald’s menjual Boston Market ke Sun Capital Partners.

Model Bisnis McDonald’s
Model bisnis McDonald’s corporation berbeda dengan rantai fast-food pada umumnya. Selain mengambil fee dari franchise dan marketing dari presentase penjualan, McDonald’s juga mendapatkan pendapatan sewa, sebab McDonald’s merupakan pemilik lokasi McDonald’s tersebut didirikan. Di negara selain Amerika, kurang dari 30% restoran merupakan franchise dimana kekuasaan terbesar dipegang oleh pemilik perusahaan.

McDonald’s Bandung Indah Plaza
Kelompok kami memilih McDonald’s Bandung Indah Plaza sebagai lokasi pengamatan dengan alasan : 1.Lokasi yang strategis yaitu di salah satu pusat keramaian kota, yang juga memiliki area makan paling besar di Bandung. 2.Segmen pengunjung diperkirakan akan terdiri dari berbagai kalangan, sebab lokasi BIP dikelilingi oleh hampir semua pusat aktifitas yang meliputi keseluruhan usia, yaitu perkantoran (Bank, kantor pemerintahan, perusahaan swasta, perhotelan, dsb), institusi pendidikan dari mulai SD hingga universitas (SDN Banjarsari, SDN Merdeka, Santa Angela,...
tracking img