Market Targeting and Strategic Positioning

Continues for 2 more pages »
Read full document

Market Targeting and Strategic Positioning

By | April 2011
Page 1 of 3
RESUME
CHAPTER 6
MARKET TARGETING AND STRATEGIC POSITIONING

Disusun oleh:
Nama:Suluh Perbowo Santoso

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
FEBRUARI 2011

CHAPTER 6
MARKET TARGETING AND STRATEGIC POSITIONING

Keputusan menentukan pasar mana yang akan dilayani merupakan keputusan strategi bisnis yang paling menentukan. Pilihan strategis ini diimplementasikan oleh keputusan manajemen tentang bagaimana bersaing dalam setiap pasar-produk yang diminati. Keputusan pemasaran strategis adalah memilih pembeli mana yang akan dituju dalam setiap pasar-produk dan bagaimana menentukan posisi produk perusahaan untuk setiap pasar sasaran.

Pemilihan strategi pasar sasaran yang tepat begitu penting bagi perusahaan sebab dapat mempengaruhi kinerjanya. Keputusan ini sangat kritis bagi penentuan posisi perusahaan di pasar. Terkadang sasaran tunggal tidak dapat dipilih untuk seluruh strategic business unit (SBU) pada saat menghadapi pasar-produk yang berbeda. Lebih dari itu, menempatkan keunggulan bersaing perusahaan terbaik memerlukan analisis yang rinci dari beberapa segmen. Keputusan pasar sasaran memadukan perencanaan strategis dan strategi pemasaran. Keputusan penentuan pasar sasaran membentuk pedoman pokok untuk merancang program pemasaran.

Pilihan penentuan sasaran meliputi segmen tunggal, segmen selektif, atau segmen ekstensif. Memilih di antara pilihan-pilihan yang ada mencakup pertimbangan terhadap tahap daur hidup produk, perbedaan pembeli, posisi pasar perusahaan, tersedianya sumber daya dan keterampilan, serta efisiensi ekonomi.

Pengembangan strategi penentuan posisi memerlukan perpaduan strategi produk, distribusi harga, dan promosi untuk memfokuskannya pada pasar sasaran. Hasilnya adalah strategi yang terpadu yang dirancang untuk mencapai tujuan penentuan posisi manajemen, sambil mendapatkan keunggulan bersaing yang paling memungkinkan. Mempertajam kumpulan strategi ini merupakan tantangan besar bagi para...
Hide

Rate this document

What do you think about the quality of this document?

Share this document

Let your classmates know about this document and more at Studymode.com