Manajemen Stratejik

Only available on StudyMode
  • Pages : 48 (8836 words )
  • Download(s) : 1345
  • Published : November 4, 2010
Open Document
Text Preview
MANAJEMEN STRATEJIK

Analisis Strategi pada PT. Indosat, Tbk

[pic]

Oleh:

Ayu Anggita Triandini

Dwi Anggina

Lovelinez Briliane

M. Iqbal

Maringan Hutagalung

Silmi Ulfah Rahmani

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

2010

Statement of Authorship
Saya/kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.

Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan menggunakannya.

Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.

Mata ajaran: Manajemen Stratejik
Judul makalah/tugas: Analisis Strategi PT Indosat Tbk. Tanggal: 14 Juli 2010
Dosen: Maeyta Selly / Galih Pandekar

Nama: Ayu Anggita Triandini
NPM : 0806351003
Tandatangan:

Nama: Dwi Anggina
NPM : 0806318366
Tandatangan:

Nama: Lovelinez Briliane

NPM : 0806351533

Tandatangan:

Nama: M. Iqbal

NPM : 0706290726
Tandatangan:

Nama: Maringan Hutagalung

NPM : 0806351602
Tandatangan:

Nama: Silmi Ulfah Rahmani

NPM : 0806352025
Tandatangan:

DAFTAR ISI

Statement of Authorship.............................................................................i Daftar Isi………………………………...….……………….....................ii Pendahuluan………………………........……………………….………..1 Visi......……....………………………………...…………………………7 Misi…………………………………………..…...………………………8 Strategi Aktual Indosat ……………….…….........……………………...12 External Audit……………………….…………………………………..14 Internal Audit...….………………………………………………………25 SWOT Matrix………...………………………………………………….34 SPACE Matrix……………………………………...…………………...39 BCG Matrix………………………………......………………………….42 Grand Strategy Matrix……………………………………………...……43 IE Matrix……………………………...…………………………………44 QSPM Matrix …............……….………………………………………..47 Rekomendasi…………………………………………………….……....50 Implementasi Strategi………………………..........................…………..53 Evaluasi Strategi ………………………………......…………………….57 Kesimpulan dan Saran……………..............…………………………….62 Daftar Pustaka…........…………………………………………………...63

PENDAHULUAN

PT Indosat Tbk. yang sebelumnya bernama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. adalah sebuah perusahaan penyelenggara jalur telekomunikasi di Indonesia. Indosat merupakan perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar kedua di Indonesia untuk jasa seluler (Mentari, Matrix, IM3, StarOne). Saat ini, komposisi kepemilikan saham Indosat adalah: Publik (20,1%), Qatar Telecom QSC (65%), serta Pemerintah Republik Indonesia (14,9%). Indosat juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, Bursa Saham Singapura, serta Bursa Saham New York.

Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai Perusahaan Modal Asing, dan memulakan operasinya pada tahun 1969. Pada tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Hingga sekarang, Indosat menyediakan layanan telekomunikasi internasional seperti SLI dan layanan transmisi televisi antar bangsa.

PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) didirikan pada tahun 1993 di bawah pengawasan PT Indosat. Ia mula beroperasi pada tahun 1994 sebagai operator GSM. Pendirian Satelindo sebagai anak perusahaan Indosat menjadikan ia sebagai operator GSM pertama di Indonesia yang mengeluarkan kartu prabayar Mentari dan pascabayar Matrix.

Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi...
tracking img