Managerial Accounting - Tijuana Bronze Machining Case

Only available on StudyMode
  • Pages : 12 (2738 words )
  • Download(s) : 697
  • Published : October 10, 2010
Open Document
Text Preview
TIJUANA BRONZE MACHINING (TBM)

“Seiring dengan berjalannya waktu, menjadi jelas bagiku bahwa kompetitor-kompetitor kami gila. Pompa adalah produk utama dengan pasar yang besar untuk kami semua, tetapi dengan sikap pemotongan harga yang banyak dilakukan, tidak ada dapat menjual pompa dengan menguntungkan selama kami semua dipacu untuk menyamakan harga dengan harga terendah kompetitor. Saya pikir kita harus bersyukur bahwa kompetitor tidak bermain dalam permainan bodoh yang sama dalam pengatur katup dan aliran. Bahkan dengan kenaikan harga sebesar 12,5%, kami tidak melihat adanya kompetisi baru dalam pengatur aliran”.

-Herb Alpert, President

Latar Belakang Perusahaan

TBM didirikan oleh Alpert pada tahun 1984 ketika dia membeli toko mesin komersial yang hampir tutup di pesisir California di seletan San Diego. Dia telah merasakan adanya kesempatan dalam percakapan dengan presiden sebuah perusahaan pembuat peralatan penyuling air besar yang tidak puas dengan kualitas dari katup perunggu yang tersedia dipasaran. Dia bermitra dengan Les Paul, terkenal didaerahnya untuk peralatan perahu yang berkualitas tinggi yang terbuat dari perunggu yang dibuatnya untuk armada kapal pancing sepanjang pantai California utara dan Baja. Alpert baru saja pensiun dari angkatan udara Amerika, dimana dia memiliki catatan panjang sukses dalam bidang administrasi. Keduanya kemudian memilih Mary Ford, seorang akuntan yang memiliki pengalaman yang luas dibidang manufaktur untuk bergabung dengan mereka. Paul secara cepat dapat menganalisa masalah mendasar yang dialami perusahaan lain pada katup penyuling air. Karena toleransi yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit, merawatnya membutuhkan kemampuan pekerja yang baik dan pengawasan mesin yang mahal. Setelah beberapa minggu mendirikan perusahaan, Paul dan kru tokonya memproduksi katup yang sesuai atau melebihi spesifikasi yang dibutuhkan. Alpert menegisiasikan kontrak dengan perusahaan peralatan penyuliangan air, dan revenue tak lama kemudian didapat. Mengetahui bahwa keahlian yang digunakan untuk memproduksi katup mesin dapat juga digunakan untuk memproduksi pompa dan pengatur aliran, TBM membuat departemen teknik dan mendesain produk baru untuk pasar tersebut. Katup yang dibuat tidak menggunakan kapasitas maksimal yang tersedia. Pompa dikenal memiliki pasar yang lebih besar daripada katup, dan pengatur aliran biasanya digunakan dalam sistem distribuasi cairan yang sama dengan katup dan pompa. Lebih jauh, dengan menspesialisasikan diri pada perunggu, perusahaan dapat menggunakan pengetahuan spesial Paul mengenai hal yang dapat dilakukan dengan bahan tersebut. Bahan mentah forgings dan casting yang dibeli dari pengecoran logam dibuat secara akurat dan dirakit di fasilitas produksi modern baru milik TBM. Peralatan dan pekerja yang sama dipakai dalam 3 lini produksi. Produksi diatur agar sesuai dengan permintaan pengiriman dari pelanggan untuk mengurangi persediaan barang jadi. Distributor bahan mentah (pengecoran logam) setuju dengan pengantaran tepat waktu dan produk dibungkus dan dikirimkan dalam bentuk komplit.

Barang Produksi
Katup (24% sumber pendapatan perusahaan) dibuat dari 4 komponen perunggu. Paul sudah mendesain mesin yang mampu membuat masing-masing kompenonen secara otomatis. Tiap operator dapat mengoperasikan dua mesin dan merakit katup pada saat proses produksi berlangsung. Biaya membuat katup secara akurat membuat katup buatan TBM sulit bersaing dipasar katup khusus. Produksi katup setiap bulan dilakukan dalam satu alur produksi, yang kemudian segera dikirim ke pemesan setelah selesai dibuat. Walaupun Paul merasa beberapa kompetitor dapat menyamai kualitas katup buatan TBM, tidak ada yang mencoba untuk merebut pangsa pasar melalui pemotongan harga. Laba kotor dipertahankan pada standar sebesar 35%. Pompa (55% sumber pendapatan perusahaan) dibuat dalam proses produksi yang mirip dengan produksi katup namun dengan ketepatan yang lebih sedikit. Lima komponen membutuhkan...
tracking img