Makalah Aksyar

Only available on StudyMode
  • Pages : 26 (6905 words )
  • Download(s) : 2197
  • Published : November 19, 2008
Open Document
Text Preview
ZAKAT:
ANALISIS PERLAKUAN DAN PENCATATAN

[pic]

AKUNTANSI SYARIAH
DOSEN: DODIK SISWANTORO

DYOTA MAHOTTAMA
0606030273

FACULTY OF ECONOMIC
UNIVERSITY OF INDONESIA
DEPOK, 2008

Statement of Autorship

“Kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.

Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali kami menyatakan dengan jelas bahwa kami menggunakannya.

Kami memahami bahwa tugas yang kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.”

|Nama |NPM |Tanda Tangan | |Dyota Mahottama |0606030273 | |

Mata Kuliah: Akuntansi Syariah
Judul: Zakat: perlakuan dan pencatatan
Tanggal: 2 November 2008
Dosen: Dodik Siswantoro
Tanda Tangan:
BAB I
PENDAHULUAN

I. 1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan perekonomian yang makin pesat telah menimbulkan berbagai instrumen maupun pendekatan baru terhadap segala perlakuannya, baik dalam praktik maupun dalam pencatatan akuntansinya. Hal tersebut berlaku pada terdapatnya instrumen hybrid dalam pasar modal, pencatatan hal apa yang harus di disclose dalam laporan keuangan, penggunaan good corporate governance, sampai pada munculnya kembali perekonomian syariah bukan hanya pada negara Islam namun seluruh dunia. Munculnya ekonomi syariah ini, yang sifatnya terdapat beberapa perbedaan fundamental dengan ekonomi konvensional, mengakibatkan beberapa masalah seperti pemahaman masyarakat terhadapat apa saja produk syariah dan perbedaannya. Perbedaan tersebut juga menimbulkan permasalahan dalam pencatatan akuntansi lembaga dan entitas yang menggunakan prinsip syariah dalam melaksanakan kegiatannya. Termasuk dalam permasalahan pencatatan ini adalah, bagaimana sebuah entitas mencatat pembayaran zakatnya, sehingga telah terdapat proses perencanaan PSAK 109 mengenai zakat.

I. 2 Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan permasalahan yang disampaikan pada makalah ini terbatas pada teori dasar zakat, pengertian dan hukumnya serta peraturan yang mengatur pencatatan zakat khususnya di Indonesia.

I. 3 Tujuan
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Akuntansi Syariah dan tentunya sebagai bahan pembelajaran mengenai akuntansi syariah, khususnya mengenai zakat dan perlakuannya di Indonesia.

I. 4 Sumber Data
Sumber data untuk penyelesaian aplikasi masalah diperoleh dari buku-buku dan artikel-artikel dari internet yang membahas mengenai ekonomi dan akuntansi syariah, dan juga beberapa peraturan atau pedoman mengenai pelaksanaan akuntansi syariah, khususnya zakat.

I.5 Metode dan Teknik
Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode studi literatur yaitu dengan menggunakan bahan-bahan dari buku dan peraturan-peraturan mengenai akuntansi syariah.

BAB II
PEMBAHASAN TEORI

A. GAMBARAN UMUM MENGENAI ZAKAT

Sebagai seorang Muslim terdapat beberapa kewajiban yang harus dipenuhi, dan salah satunya merupakan menunaikan zakat, yang merupakan rukun Islam yang ketiga dari lima rukun Islam yang ada. Sebelum mengetahui dan menganalisis lebih lanjut mengenai zakat, maka terlebih dahulu mengetahui pengertian dan hukumnya dengan baik dan benar.

Pengertian Zakat
Dalam mengartikan zakat, terdapat dua pendekatan yang dapat diambil yaitu pengertian menurut bahasa dan pengertian menurut syarak. Pengertian zakat menurut bahasa ialah Keberkatan, kesucian, perkembangan dan kebaikan. Sebab dinamakan zakat ialah kerana ia dapat mengembangkan harta yang telah dikeluarkan zakatnya dan menjauhkannya dari segala kerusakan sebagaimana Ibnu Taimiah berkata: Diri dan harta orang...
tracking img