Latar Belakang Penelitian Analisi Manajemen Risiko Kredit Perbankan

Only available on StudyMode
  • Pages : 20 (3730 words )
  • Download(s) : 367
  • Published : February 28, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I

PENDAHULUAN

Pengantar

Bank, sebagai institusi yang memiliki izin untuk melakukan banyak aktivitas keuangan, memiliki peluang yang sangat luas dalam memperoleh pendapatan (income/return). Dalam menjalankan aktivitas, untuk memperoleh pendapatan perbankan selalu dihadapkan pada risiko melekat (inherent) pada seluruh aktivitas bank. Seluruh aktivitas bank, produk, dan layanan bank terkait dengan uang. Sifat dasar uang adalah anonym, siapapun bisa memilikinya, siapapun ingin memilikinya, dan sangat mudah berpindah tangan bahkan hilang. Oleh karena itu, seluruh aktivitas bank mulai dari penyerapan dana hingga penyaluran dana sangat rentan terhadap hilangnya uang.

Risiko yang mungkin terjadi dapat menimbulkan kerugian bagi bank jika tidak dideteksi serta tidak dikelola sebagaimana mestinya. Untuk itu, bank harus mengerti dan mengenal risiko-risiko yang mungkin timbul dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Eksekutif dalam manajemen bank serta seluruh pihak terkait harus mampu mengidentifikasikan risiko-risiko yang mungkin timbul dalam kegiatan usaha bank, menilai risiko signifikan sebagai perhatian utama, dan mengevaluasi cara menanggulasi kemungkinan risiko yang muncul.

Pemahaman umum mengenai masing-masing kategori risiko sangat penting sehingga para manajer, pelaksana (risk taker), dan bagian pengawasan dapat berdiskusi tentang masalah-masalah umum yang secara alami terjadi dari berbagai eksposur risiko. Risiko itu sendiri tidak harus selalu dihindari pada semua keadaan, namun semestinya dikelola secara baik tanpa harus mengurangi hasil yang ingin dicapai. Risiko yang dikelola secara tepat dapat memberikan manfaat kepada bank dalam menghasilkan laba yang atraktif. Agar manfaat tersebut dapat terwujud, para pengambil keputusan harus mengerti tentang risiko dan pengelolaannya.

I.1 Latar Belakang

Proposal skripsi yang berjudul ‘Analisis Pengaruh Manajemen Risiko Kredit terhadap Return yang dihasilkan Perbankan’ ini timbul berdasarkan analisis terhadap beberapa sumber tentang risiko-risiko perbankan. Penelitian sebelumnya tentang hal yang sama belum ditemukan, sehingga penulis menentukan pokok permasalahan kajian berdasarkan sumber utama ‘Manajemen Risiko Kredit Perbankan’ oleh Ferry n Idroes dan sumber-sumber lain yang terkait yang dilampirkan pada daftar pustaka.

Adapun hal yang melatarbelakangi pemilihan judul skripsi di atas adalah:

1. Risiko Kredit sebagai Risiko Utama Perbankan yang Harus ditangani

Kegiatan usaha Perbankan merupakan kegiatan yang memiliki risiko. Risiko-risiko ini terdiri dari risiko operasional, risiko stratejik, risiko pasar, risiko reputasi, risiko bisnis dan risiko kredit. Namun diantara risiko tersebut, risiko kredit merupakan risiko yang paling utama untuk ditangani dalam perbankan.

Risiko kredit dapat bersumber dari berbagai aktivitas utama Perbankan, antara lain: pemberian kredit, transaksi derivatif, perdagangan instrumen keuangan, serta aktivitas Bank yang lain, termasuk yang tercatat dalam banking book maupun trading book, di mana aktivitas-aktivitas ini berpengaruh pada kesehatan dan kelangsungan usaha perbankan.

2. Pentingnya Manajemen Risiko Kredit Sebagai Upaya Penanganan Risiko Kredit

Pemberian kredit, perdagangan instrumen keuangan, serta aktivitas Perbankan utama lainnya tidak dapat hanya mengandalkan percaya, namun juga harus disertai dengan penerapanmanajemen risiko kredit untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi akibat aktivitas tersebut dan prinsip 5C (Collateral, Character, Capacity, Capital, and Condition of Economic) yang menjadi perhatian utama pihak perbankan dalam menjalankan setiap aktivitas utama tersebut.

Selama dua dekade terakhir ini, kurangnya penerapan manejemen risiko kredit telah banyak menimbulkan kegagalan pada industri perbankan. Kegagalan ini menimbulkan kerugian sebagai konsekuensi langsung atau tidak langsung secara finansial maupun non-finansial.

Berikut beberapa kegagalan akibat...
tracking img