Latar Belakang

Only available on StudyMode
  • Pages : 5 (1086 words )
  • Download(s) : 1425
  • Published : December 24, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Setiap organisasi baik yang memiliki orientasi mencari keuntungan ataupun tidak, tidak dapat dipungkiri citra atau image organisasi merupakan satu – satunya alat yang digunakan untuk membangun kepercayaan dengan masyarakat. Kepercayaan yang diperoleh oleh sebuah organisasi merupakan modal dasar organisasi untuk menciptakan image positif atau goodwill di dalam masyarakat. Tanpa adanya kepercayaan masyarakat dengan organisasi, tentunya organisasi akan selalu dinilai negatif dan dapat mengancam eksistensi atau keberadaan organisasi tersebut.

Peranan Public Relations dalam menciptakan image positif perusahaan sangat dibutuhkan. International Public Relations Association ( IPRA ) mendefinisikan Public Relations sebagai berikut: Public Relations is a distinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communications, understanding, acceptance and cooperations between an organizations and its public; involves the management of problems or issues; help management to keep informed or and responsive to public opinion; defines and emphasise the responsibility of management to serve the public interest; helps management keep abrease of effectively utilize change, serving as an early warning system to help anticipate trends, and uses research and sound and ethical communication techniques as its principle tools.

Definisi tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut, Public Relations merupakan fungsi manajemen yang khas yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerjasama, melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan; membantu manajemen memberikan peneragan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini publik; menetapkan dan menekankan tanggung jawab management untuk melayani kepentingan umum; menopang manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan; dan menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama. ( Dasar - Dasar Public Relations Teori dan Praktik; Sr. Maria Assumpta Rumanti OSF; p12)

Melalui definisi public relations diatas terlihat jelas bahwa fungsi dari seorang public relations adalah sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dengan organisasi. Seorang public relations juga dituntut untuk selalu dapat membawa citra suatu organisasi kearah yang positif bagaimanapun kondisi yang dihadapi organisasi. Untuk pembentukan citra positif tentunya seorang public relations harus memiliki pengetahuan akan ilmu komunikasi secara luas dan dapat mengaplikasikannya dalam profesi public relations. Kurangnya pengetahuan seorang public relation akan lapangan yang dia kerjakan terutama dalam menangani masalah yang berhubungan dengan citra suatu organisasi, dapat mengancam citra organisasi tersebut.

Kondisi yang dapat mengancam citra suatu organisasi disebut krisis manejemen. Krisis yang dihadapi oleh suatu organisasi dapat berupa krisis yang bersifat internal dan krisis yang bersifat eksternal. Krisis yang bersifat internal menyerang dari dalam tubuh organisasi, sedangkan krisis eksternal adalah krisis yang menyerang organisasi dari luar atau lingkungan organisasi berada. Krisis manejemen yang dihadapi tiap organisasi berbeda dengan krisis manejemen yang dihadapi oleh organisasi lain.

Krisis manejemen walaupun kecil harus diselesaikan dengan baik, karena apabila krisis tersebut tidak ditanggapi dengan baik atau disepelekan maka dapat timbul krisis yang lebih besar yang menyebabkan ancaman yang lebih besar pula bagi suatu organisasi. Sekecil apapun krisis yang terjadi didalam maupun diluar lingkungan organisasi harus ditanggapi dan dikomunikasikan secara baik dan benar agar masalah yang dihadapi dapat tercapai penyelesaian yang menguntungkan kedua belah pihak, atau...
tracking img