Komunikasi Pemasaran Global Body Shop

Only available on StudyMode
  • Pages : 2 (567 words )
  • Download(s) : 1570
  • Published : October 24, 2008
Open Document
Text Preview
Dalam pasar global, suatu perusahaan memang harus berhati-hati dalam memainkan perannya. Terfokus kepada market share sebagai indikator kesuksesan, perusahaan-perusahaan mulai berpikir kembali untuk mengubah strategi bisnisnya agar terukur dan terarah. Dan ternyata Integrated Marketing Communication-lah strategi yang banyak dipilih. Permintaan IMC pada tahun 2000an meningkat 5 kali lipat dari tahun 1980an.

Tiada yang semulus The Body Shop dalam memainkan strategi pemasaran ini. The Body Shop yang didirikan pada 1976 di Inggris oleh Dame Anita Roddick ini adalah salah satu brand yang disukai masyarakat global. Ia juga menjadi brand kosmetik pertama yang diberi penghargaan Humane Cosmetics Standard for our Against Animal Testing policy. The Body Shop yang menjadi bagian dari L’Oreal Group sejak 2006, mengalami kenaikan profit sebesar rata-rata 5% tiap tahun dengan annual sales £419 juta sampai $855 juta. Berdasarkan EEA, L’Oreal Group mencapai 10-20% market share produk kosmetik di dunia dengan 0-5% nya bagian The Body Shop. Kini The Body Shop telah memiliki 21.000 lebih outlet di 55 negara, dengan range 1200 produk. Apa yang membuatnya begitu menarik? Ya, perusahaan ini memiliki identitas unik yang tidak dimiliki perusahaan lainnya. Dengan slogan “Made with Passion”, The Body Shop berusaha menunjukkan pada target market-nya bahwa semua produk The Body Shop dibuat dengan kecintaan mereka terhadap dunia, menghargai kehidupan ini, spirit individu, dan komitmen untuk melakukan perdagangan yang fair (fair trade). Program Fair Trade ini dinamakan Community Trade, yang bekerja sama dengan 31 pemasok di 24 negara dan memberikan penghasilan yang layak kepada lebih dari 15.000 orang untuk membangun masa depan mereka.

The Body Shop mencoba untuk terlihat transparan dan memihak masyarakat kebanyakan. Mereka percaya bahwa setiap wanita memiliki hak untuk merasa dirinya mengagumkan. Oleh karena itu, tiap produknya digarap dengan bahan berkualitas tinggi secara etis dan...
tracking img