Kap Drs. Gede Percaya

Only available on StudyMode
  • Pages : 5 (1046 words )
  • Download(s) : 714
  • Published : April 8, 2011
Open Document
Text Preview
AUDITING DAN ATESTASI

Jawaban Ujian Tengah Semester 1
Angkatan XIII

NAMA: Putu Danny Damara
NIM: 1006315024
ABSEN:25

Program PPAk
Fakultas Ekonomi
Universitas Udayana
Denpasar
2010

JAWABAN SOAL KASUS
I. KAP Drs Gde Percaya Ak, CPA dan Rekan telah ditunjuk dan dikontrak untuk melaksanakan general audit atas laporan keuangan restoran Pasemetonan berturut-turut untuk dua tahun terakhir. Bahaslah tanggung jawab KAP Drs Gde Percaya Ak, CPA dan Rekan untuk mendeteksi setiap kecurangan dalam suatu audit yang bersifat umum (General Audit).

Tujuan audit atas laporan keuangan oleh auditor independen pada umumnya adalah untuk menyatakan pendapat tentang kewajaran, dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, perubahan ekuitas, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Selama melaksanakan general audit atas laporan keuangan, auditor membuat laporan auditor yang nantinya akan dikomunikasikan kepada pihak manajemen perusahaan. Laporan auditor merupakan sarana bagi auditor untuk menyatakan pendapatnya, atau apabila keadaan mengharuskan, untuk menyatakan tidak memberikan pendapat.

Menurut PSA no.2 mengenai tanggung jawab auditor independen : 1. Auditor bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan audit untuk memperoleh keyakinan memadai tentang apakah laporan keuangan bebas dari salah saji material, baik yang disebabkan oleh kekeliruan atau kecurangan. Tanggung jawab ini berlaku juga dalam hal terdapatnya salah saji material yang disebabkan oleh tindakan melanggar hukum. Auditor tidak bertangung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan audit guna memperoleh keyakinan bahwa salah saji terdeteksi, baik yang disebabkan oleh kekeliruan atau kecurangan, yang tidak material terhadap laporan keuangan.

*kecurangan dan kekeliruan
Faktor yang membedakan antara kecurangan dan kekeliruan adalah pada tindakan yang mendasarinya, yang berakibat terjadinya salah saji dalam laporan keuangan, berupa tindakan yang disengaja atau tidak disengaja. Kekeliruan adalah suatu tindakan tanpa disengaja dapat menyebabkan timbulnya salah saji dalam laporan keuangan. Kecurangan adalah suatu tindakan yang dengan disengaja dapat menyebabkan munculnya salah saji dalam laporan keuangan. Salah saji yg timbul karena kecurangan dapat dibedakan menjadi 2 : a. Salah saji yang timbul dari kecurangan dalam pelaporan keuangan. contohnya: * Manipulasi catatan akuntansi atau dokumen pendukungnya * Representasi yang salah dalam laporan keuangan

* Salah penerapan secara sengaja prinsip akuntansi yang berkaitan dengan jumlah, klasifikasi, cara penyajian, atau pengungkapan. b. Salah saji yang timbul dari perlakuan tidak semestinya terhadap aktiva (seringkali disebut dengan penyalahgunaan atau penggelapan). Misalnya penggelapan tanda terima barang/uang, pencurian aktiva, atau tindakan yang menyebabkan perusahaan membayar harga barang atau jasa yang tidak diterima oleh perusahaan. Kecurangan merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan oleh auditor tekait dengan resiko audit, faktor-faktor risiko kecurangan yang diidentifikasi dalam pelaksanaan prosedur audit dapat digunakan untuk pengambilan keputusan menerima atau melanjutkan perikatan dari klien. Bila auditor telah menentukan bahwa terdapat bukti adanya kecurangan, masalah ini harus mendapatkan perhatian dari tingkat manajemen yang semestinya. Hal ini umumnya memadai meskipun masalahnya mungkin dipandang tidak bertalian, seperti penggelapan kecil oleh seorang karyawan di tingkat bawah dalam organisasi entitas. Kecurangan yang melibatkan manajemen senior dan kecurangan (apakah disebabkan oleh manajemen senior atau karyawan lain) yang menyebabkan salah saji material dalam laporan keuangan harus dilaporkan secara langsung kepada komite audit. Pengungkapan kecurangan yang mungkin terjadi kepada pihak selain manajemen senior klien dan komite auditnya umumnya bukan merupakan bagian tanggung jawab auditor dan...
tracking img