Kajian Estetika Terapan Pada Karya Seni Rupa "The Way Out: Suicidal Ideation"

Only available on StudyMode
  • Pages : 10 (2788 words )
  • Download(s) : 207
  • Published : February 7, 2011
Open Document
Text Preview
DAFTAR ISI

BAB I2
1.1Abstrak2
1.2Tinjauan Aspek Formalistik dan Prinsip Desain3
BAB II7
2.1Tinjauan Singkat Sejarah7
2.2Tinjauan Dimensi pada Karya Grie12
2.2.1Dimensi Psikologi12
2.2.2Dimensi Filsafati14
2.2.3Dimensi Sosiologis17
BAB III19
3.1 Tinjauan Singkat Ikonologis19
3.2Interpretasi akan Objek Seni20
KEPUSTAKAAN23

BAB I
KAJIAN PRA-IKONOGRAFIS

1.1 Abstrak
Dalam kajian analisa ini, penulis ingin mencoba melakukan analisa pra-ikonografis pada objek seni rupa berupa sebuah karya seni digital (olah komputer) oleh George Grie dengan judul “The Way Out: Suicidal Ideation”.

“The Way Out: Suicidal Ideation” adalah sebuah karya seni rupa digital bergaya neosurrealis dengan tema psikologi kehidupan manusia yang ingin melakukan tindakan bunuh diri (bersikap suicidal). Walaupun begitu, George Grie menegaskan sikapnya bahwa karyanya tersebut bukanlah mencerminkan perasaan dan pemikirannya sendiri namun hanyalah sebagai sebuah refleksi akan perasaan dan pandangan orang lain.

Sejatinya, suicidal ideation merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan pemikiran-pemikiran akan tindak bunuh diri (suicide), yang tentu saja dapat mencapai kompleksitas tahap perencanaan matang walaupun tanpa adanya tindak bunuh diri itu sendiri sebagai tindakan final. Walaupun mayoritas dari orang-orang yang memiliki tendensi untuk melakukan tindakan ini tidak mewujudkan aksinya, namun pada beberapa kasus perencanaan tersebut dijalaninya.

Pandangan-pandangan seperti inilah yang dicoba diangkat oleh George Grie dalam karyanya tersebut.

1.2 Tinjauan Aspek Formalistik dan Prinsip Desain
Dalam melakukan analisa pra-ikonografis ini, penulis mendasarkan tinjauan pada aspek-aspek formalistik dan prinsip-prinsip desain yang digunakan oleh George Grie dalam karyanya. Pada karya tersebut, Grie menggunakan sebuah titik putih yang terang pada bagian tengah yang juga sebagai penekanan dari karyanya untuk menggambarkan jalan keluar (the way out) yang selama ini menjadi tujuan, harapan atau impian para pelaku tindak bunuh diri. Grie juga cukup banyak menggunakan garis-garis tegas, baik vertikal, horizontal, lengkung dan bahkan diagonal. Sebagai contoh, kita dapat melihat garis-garis tegas diagonal pada sesuatu yang digambarkan Grie sebagai lubang jalan keluar sehingga menyebabkan sinar matahari dapat masuk kedalam lorong gelap dan menimbulkan cercahan-cercahan sinar matahari (sunbeam). Hal ini mungkin digunakannya untuk menimbulkan efek kemegahan, keagungan dan kesucian sehingga menggambarkan pola berpikir para pelaku yang menganggap bahwa dengan melakukan tindakan bunuh diri tersebut maka niscaya ia akan mendapatkan solusi atau jalan keluar dari segala permasalahannya. Contoh lainnya yang dapat dilihat dengan jelas adalah garis lengkung (arc) pada awal lorong gelap yang menggambarkan pintu lorong. Dipadu dengan garis-garis yang tegas membentuk rel kereta api, hal ini sangat menimbulkan fokus pada titik keluar di tengah gambar yang mana juga menggambarkan bahwa untuk mencapai jalan keluar dari masalah-masalah yang dihadapi, hanya dengan cara bunuh diri inilah sang pelaku dapat menggapai impiannya. Tak lupa juga Grie menyematkan tumbuhan rambat dengan bentuk tak beraturan (bio-morfis) untuk menambah esensi alamiah pada bagian lorong jalan keluar tersebut. This is the only and the best solution the world can offer for you.. is to suicide. Mungkin itulah yang Grie ingin gambarkan secara keseluruhan dari bagian ini. Pada sisi kiri dan kanan bawah, kita dapat menjumpai banyak bidang-bidang segitiga yang menyerupai paku-paku atau duri-duri yang tertanam di tanah. Paku-paku atau duri-duri inilah yang mungkin ingin Grie representasikan sebagai simbol dari rasa sakit (pain) dan perjuangan (struggle) yang menggambarkan segala permasalahan pribadi sang pelaku. Bagian lain yang dapat kita cermati lebih lanjut adalah adanya tangga-tangga dan atap-atap yang digambarkan...
tracking img