Grow with Character from Markplus Inc.

Only available on StudyMode
  • Pages : 19 (4938 words )
  • Download(s) : 552
  • Published : February 27, 2011
Open Document
Text Preview
GROW WITH CHARACTER From MarkPlus Inc.

Perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang. Perusahaan yang tumbuh dan berkembang berarti perusahaan tersebut selalu siap untuk menghadapi perubahan (change), perubahan yang membuat kompetitor dan konsumen semakin pintar. Sebuah perusahaan yang sudah mapan dan stabil sekalipun harus terus tumbuh. Perusahaan harus terus tumbuh karena sebesar apa pun suatu perusahaan, pertumbuhan akan tetap menghasilkan profit yang lebih besar.

Bagaimana agar seseorang atau sebuah institusi dapat tumbuh terus menerus? Jawabannya adalah dengan tumbuh dengan karakter yang kuat, atau “Grow with Character”. Karakter akan memungkinkan perusahaan untuk tumbuh terus menerus (sustainable growth).

What is Character?

Karakter adalah “ciri khas” yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut adalah “asli” dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut, dan merupakan “mesin” yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berujar, dan merespons sesuatu. Ciri khas ini pun yang diingat oleh orang lain tentang orang tersebut, dan menentukan suka – tidak suka nya mereka terhadap sang individu.

Orang yang memiliki karakter yang kuat, akan memiliki momentum untuk mencapai tujuan. Lalu bagaimana membangun karakter yang kuat? Karakter yang kuat memiliki karisma, yaitu daya tarik dan kemampuan menimbulkan rasa percaya bagi orang-orang yang mengenalnya.

Individu yang berkarakter kuat adalah individu yang memiliki excellence, professionalism, dan ethics.

Excellence adalah sikap yang memungkinkan seseorang selalu memberikan yang terbaik dalam setiap karyanya. Professionalism adalah sikap disiplin dalam profesi dan keinginan untuk selalu lebih baik dalam proses sehari-hari. Sedangkan ethics adalah sikap menjadi insan yang memiliki keluhuran budi pekerti.

1. Excellence

Excellence mengacu pada keinginan untuk mencapai suatu standar kualitas yang selalu lebih tinggi. Hal ini tidak bergantung pada suatu kemampuan atau pengetahuan spesifik tertentu tapi lebih pada keinginan untuk mencapai sesuatu yang sebelumnya belum dapat diraih. Selalu ingin di depan dan memecahkan batasan-batasan konvensional.

Hanya dengan excellence, seseorang dapat menjadi unggul dari yang lain. Jika tidak pernah berkeinginan untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dicapai orang lain, seseorang hanya akan berkembang sampai batasan tertentu. Excellence adalah modal utama untuk unggul dalam kehidupan social maupun bisnis atau karier.

Kalau dihubungkan dengan konsep PDB (Positioning, Differentiation, Brand) dari MarkPlus Inc., tempat “excellence” ada di Positioning, karena kita harus memosisikan diri kita sebagai orang yang terbaik di bidang kita. Nah, kalau memang sudah berhasil “mengklarifikasi” bahwa kita adalah yang terbaik di mata semua orang, maka konsep diri kita sudah berhasil meng”horizontal” (diakui dari mulut ke mulut) – clarification of positioning.

Untuk memahami konsep Excellence, kita harus mengetahui empat elemen dari excellence yang disusun oleh Michael Hermawan, yaitu Commitment, Opening your gift, being the best you can be, dan continuous improvement.

Commitment atau Purpose. It is not about winning itself buu about Paradigm to Win! We must consciously choose excellence (yang penting bukan bukan Cuma kemenangan, tetapi pola piker untuk menang! Kita harus secara sadar ingin menjadi yang terbaik). Di sini ditekankan mengenai keinginan untuk tidak hanya menjadi “biasa-biasa saja”. Hasrat dan paradigm untuk menang mutlak harus ada baik secara individu maupun organisasi.

Opening your gift atau Ability. Every person in the world has the ability to be excellent in at least one area. See your inner potential (Semua orang di dunia sebenarnya memiliki bakat untuk unggul setidaknya di satu bidang. Temukan potensi diri anda). Setiap orang pasti mendapatkan “anugerah” setidaknya satu kemampuan utama. Inilah yang harus...
tracking img