Field Research Methods in Management Accounting

Only available on StudyMode
  • Pages : 9 (1955 words )
  • Download(s) : 78
  • Published : December 17, 2008
Open Document
Text Preview
S. Mark Young

Field Research Methods in Management Accounting

Introduction

Riset lapangan memiliki sejarah pengaplikasian yang sangat panjang dalam berbagai ilmu, seperti antropologi, sosial, dan bisnis. Riset lapangan berbeda secara signufikan dengan metode riset lainnya karena peneliti yang terlatih mendokumentasikan interaksi dari orang-orang seperti halnya mereka hidup dan bekerja dalam keadaan yang natural. Karakteristik ini membuat riset lapangan menjadi salah satu bentuk investigasi ilmu social yang paling menantang untuk dikuasai.

Publikasi artikel Robert Kaplan (1983), ”Measuring Manufacturing Performance: A New Challenge for Managerial Accounting Research”. Kaplan (1983) berargumen bahwa kompetisi global telah mengubah lingkungan manufaktur USA secara signifikan, sehingga metode akuntansi manajemen yang sekarang ada menjadi tidak cukup dan ketinggalan jaman (obsolete). Kaplan berpendapat bahwa, “jika akuntansi manajemen akan menjadi ilmu/ disiplin utama dalam perancangan dan evaluasi dari system kontrol dan informasi suatu perusahaan, maka ilmu tersebut harus memperluas visinya melebihi dari hanya sekedar ringkasan ukuran-ukuran finansial operasi manufaktur. Hal ini menjadi salah satu faktor utama adanya ketertarikan baru dalam melaksanakan studi lapangan dalam bidang akuntansi manajemen.

Hal yang paling relevan dalam diskusi ini, Kaplan menyarankan bahwa “akan lebih banyak waktu yang harus dihabiskan pada pabrik untuk memperoleh first-hand knowledge dari revolusi teknologi manufaktur yang terjadi pada banyak perusahaan Amerika.”

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendiskusikan kemajuan penggunaan metode riset lapangan dalam mempelajari aplikasi metode akuntansi manajemen khusunya pada organisasi / perusahaan manufaktur.

Tiga issue sentral yang akan dibahas adalah:
➢ Dibandingkan dengan area yang lain, seberapakah jangkauan (range) dari metode lapangan dalam akuntansi manajemen? ➢ Kontibusi apa sajakah yang dihasilkan oleh metode lapanagan terhadap literature akuntansi manajemen? ➢ Bagaimana kita dapat meningkatkan penggunaan metode lapangan

The Range of Field Research Methods - Adler and Adler’s Taxonomy of Field Research Methods

Seluruh riset lapangan melibatkan beberapa variasi tingkat observasi, interaksi, dan partisipasi dengan anggota organisasi. Untuk mendiskusikan bagaimana riset lapangan telah mengalami kemajuan dalam akuntansi manajemen, Penulis menggunakan taksonomi komprehensive metode riset lapangan dari Adler and Adler’s.

Adler and Adler’s (1987) Continuum of Field Researcher Involvement

[pic]

Taksonomi ini berdasarkan pada tingkat keterlibatan peneliti. Karakteristik-karakteristik dari tradisi riset yang digunakan, yaitu “The Chicago School of Sociology”, “Existential Sociology”, dan “Ethnomethodology”.

❖ The Chicago School of Sociology (berkembang akhir tahun 1920) Chicago School dikarakteristikkan dengan :
• observasi langsung terhadap perilaku anggota organisasi, • sifatnya langsung,
• tetapi interaksinya tetap dibatasi (tidak memasukkan unsur emosi), • partisipasi dalam aktivitas para anggota organisasi.

Walaupun berinteraksi dengan anggota organisasi, peneliti yang menganut aliran Chichago School berusaha untuk tetap objektif dan interaksinya terbatas, sehingga objektivitas keilmuannya tetap terjaga. Sehingga, dapat dimunculkan beberapa karakteristik lainnya: • Peneliti lapangan menunjukkan peran yang terbuka (overt role) dan para anggota organisasi mengetahui bahwa peneliti ini sedang melakukan studi. • Peneliti berusaha untuk tidak terlibat secara emosi seperti halnya anggota organisasi. Tujuannya agar tidak memberikan resiko bagi lingkungan studinya.

Existential Sociology

Existential Sociology merupakan bagian dari teori “Investigative Participation” (Goffman 1959), yang didasari bahwa orang-orang dalam organisasi cenderung memperlihatkan dua sisi perilaku dan aktivitas. Sisi yang pertama diperlihatkan...
tracking img