Fdi in China

Only available on StudyMode
  • Pages : 7 (1896 words )
  • Download(s) : 47
  • Published : April 26, 2010
Open Document
Text Preview
Foreign Direct Investment and Human Capital Accumulation in China

1. Introduction
Foreign Direct Investment (FDI) berkembang sangat pesat diseluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir ini. FDI adalah sumber private capital terbesar bagi negara–negara berkembang dan yang sedang mangalami transisi ekonomi. Dari beberapa penelitian mengenai FDI, ditemukan dampak–dampak positif terhadap negara–negara berkembang tersebut. Beberapa dampak positif yang di hasilkan adalah membantu negara tersebut untuk meningkatkan capital stock, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan produktifitas serta pendapatan tenaga kerja bagi negara–negara tersebut, yang juga merupakan beberapa faktor-faktor yang dapat membantu negara–negara tersebut untuk meningkatkan GDP.

Hasil dari beberapa penelitian juga dengan jelas mengindikasikan bahwa dengan meningkatnya inflow FDI ke dalam suatu negara juga berpengaruh kepada meningkatnya human capital accumulation. China adalah salah satu negara yang banyak mengambil keuntungan dari masuknya FDI. Sampai pada tahun 1978, china memberlakukan ‘close door policy’ dimana penanaman modal asing tidak diperbolehkan sama sekali. Namun setelah tahun 1978, dengan aturan dan regulasi yang mengatur inflow FDI, china berusaha untuk menarik investor luar negeri menanamkan modal / membuka usaha di cina melalui ‘special economic zones’ ( SEZ ) dan ‘economic dan technological development zones ( ETDZ ). Setelah lebih kurang 20 tahun kemudian, pada tahun 2002 nilai FDI stock mencapai $448 milyar yang merupakan terbesar diantara negara berkembang dan nomor dua terbesar diantara negara maju. Pada periode yang sama, tingkat buta huruf diantara populasi yang berumur 25 tahun keatas menurun dari 44.9% di tahun 1980 menjadi 20.9% di tahun 2000. Tingkat populasi yang masuk sekolah juga meningkat 69% dan tingkat kelulusan mulai dari sd, sekolah menengah, kejuruan serta universitas juga meningkat dengan tajam.

2. Latar Belakang
Sebelum tahun 1970-an, akibat “closed door policy” pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sumber daya manusia China sangat terbatas. GDP per kapita tahun 1978 hanya RMB 379 dan lebih dari 50% penduduk usia 25 tahun keatas tidak bersekolah dan rata-rata tahun bersekolah hanya 3,4 tahun sementara itu tidak ada perdagangan luar negeri dan investasi asing di China. Pada tahun 1978 China membuka langkah pertama untuk mengundang masuk investor dengan mengeluarkan undang-undang “The Law of Chinese – Foreign Joint Ventures” yang prinsipnya adalah memperbolehkan investasi asing masuk dimana saja di Cina tetapi dengan persetujuan pemerintah China dan dengan syarat yang ketat. Pemerintah China kemudian dengan cepat menyadari bahwa undang – undang ini tidak cukup baik untuk menarik minat investor asing untuk masuk. Kemudian pada tahun 1980 pemerintah China mengeluarkan undang – undang baru dan membentuk zona SEZ yang pertama yang terletak di propinsi Guandong dan propinsi Fujian. Pada tahun 1988 zona SEZ yang kelima dibuka yang berlokasi di pulau Hainan. Zona – zona ini mendapatkan fasilitas khusus dari pemerintah China berupa insentif pajak khusus bagi investasi asing dan kebebasan yang lebih luas mengenai aktivitas perdagangan internasional.

Lebih jauh lagi pemerintah China membuka ETDZ zone pertama di 14 kota di pesisir timur China ( termasuk dalam zona ini Shanghai ) antara september 1984 dan agustus 1986. Sama dengan SEZ, ETDZ meliputi area yang lebih kecil dengan lokasi didekat pantai atau kota yang terbuka. Peran ETDZ untuk Cina sangat penting karena zona ini membangun industri high tech yang fokus kepada project industri yang menyerap dana asing dan dapat membangun ekonomi dengan orientasi export. Perusahaan multinasional yang ada di ETDZ juga mendapatkan fasilitas yang sama seperti perusahaan yang ada di SEZ. Diantara tahun 1993 – 1994 pemerintah China membangun zona kedua dari ETDZ yang mengcakup 18 kota ( termasuk dalam zona ini Beijing ) dan diantara 2000 – 2002 zona ketiga ETDZ...
tracking img