Facebook : an Online Marketing Tools

Only available on StudyMode
  • Pages : 15 (4456 words )
  • Download(s) : 100
  • Published : April 16, 2011
Open Document
Text Preview
CHANGE MANAGEMENT
STUDY CASE 5

“FACEBOOK : An Online Marketing Tools”

Done by :
Ivana Meliantha Lieyanto31408050
Rowandy Eddy Tanair31408052
Dewi Lindawati Ngunaidi31408084
Darman31408236

Petra Christian University
November 2010
1. Efektifitas FACEBOOK sebagai marketing tools baru.
Facebook dikatakan berhasil serta efektif sebagai salah satu marketing tools baru. Efektifitas suatu media online sebagai marketing tools sendiri, dikatakan berhasil dengan dasar sebagai berikut : ➢ Memiliki pengguna/pemakai yang sangat banyak, trafik yang tinggi, mendunia. Semakin banyak pengguna maka akan semakin banyak pula calon konsumen bagi produk/jasa yang di-marketing-kan. Facebook saat ini memiliki 200juta pengguna aktif di seluruh belahan dunia. Selain itu, Facebook juga duduk sebagai website dengan trafik tertinggi ke-3 di dunia. Di Indonesia sendiri, Facebook dikenal sebagai website dengan trafik tertinggi atau yang paling sering dikunjungi oleh user. Hal ini menjadikan Facebook sendiri sebagai salah satu media marketing yang paling sering dilirik oleh para marketer di seluruh dunia untuk produk/jasa mereka. Ditambah lagi Facebook memiliki aplikasi 50 translations yang memudahkan komunikasi dengan users di belahan dunia manapun. ➢ Mempunyai fitur yang mendukungnya sebagai media marketing. Sebagai marketing tools, media online harus mempunyai fitur-fitur yang mendukung. Facebook sendiri yang awalnya hanya sebagai situs pertemanan ternyata memiliki fitur yang mendukung kegiatan marketing. Sebagai nilai tambah semua fiturnya dapat diperoleh dengan gratis. ➢ Mempunyai banyak fitur-fitur marketing tools yang fleksibel. Untuk mendukung kegiatan marketing, Facebook memiliki beberapa fitur antara lain artikel, acara, dan periklanan. Untuk artikel, setiap kita me-post ataupun fan page kita di like seseorang, akan muncul pemberitaan terkait di news feed orang tersebut. Hal ini akan membuat fan page kita memiliki banyak pengikut dan menaikkan popularitas. Dengan fitur acara, kita dapat mengabarkan acara launching produk ataupun jasa baru ke semua konsumen/target pasar kita tanpa harus repot-repot membuat undangan dan menyebarkannya satu per satu. Tanpa kita sadari akan banyak orang yang berbondong-bondong datang ke acara tersebut. Periklanan di Facebook mirip dengan Google Adwords tetapi lebih kompleks. Mengiklankan sesuatu di Facebook dapat diatur sedemikian rupa sehingga tepat pada sasaran yang dituju. Misalnya untuk orang dengan umur berapa, jenis kelaminnya apa, tinggal di lingkungan geografis mana, pekerjaannya apa, hobby/kesukaannya apa. Lebih tepat pada sasaran dan efektif. ➢ Tingkat keamanan yang tinggi bagi pengguna.

Di Facebook sendiri, diakui oleh CEO nya, Mark Zuckerberg, sangat sulit untuk membuat akun palsu. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya ‘social graph’ yang dilaunching pada tahun 2007. Dengan keamanan yang terjamin seperti ini membuat Facebook menjadi favorit bagi perusahaan-perusahaan ternama untuk melakukan e-marketing nya melalui situs ini. Sangat menguntungkan baik bagi perusahaan nya dalam rangka memelihara image perusahaan dan juga konsumen untuk kepercayaan nya atas perusahaan dalam rangka transaksi. ➢ Mudah dalam mencapai target pasar.

Seperti dikatakan di atas, dalam periklanan Facebook kita dapat menemukan target pasar seperti yang kita mau. Begitu juga ketika kita mencari ‘pengikut’ atau friends. Kita dapat mefokuskan pada orang-orang yang memang sesuai dengan apa yang ingin kita tawarkan. Bahkan Facebook memiliki fitur friends suggestion yang memang sudah disaring sesuai, cocok, atau mirip dengan profile kita. Misalnya sebagai perusahaan minuman soda di bagian interests kita menuliskan soda drink, maka secara otomatis dan berkala Facebook akan me-suggest-kan profile orang lain yang memiliki interests yang sama dengan kita. ➢ Komunikasi dapat terjalin 2 arah.

Facebook memiliki fitur chatting dan juga messaging layaknya...
tracking img