Enterprise Resource Planning

Only available on StudyMode
  • Pages : 14 (3038 words )
  • Download(s) : 56
  • Published : March 24, 2011
Open Document
Text Preview
M0254 – Enterprise Resource Planning

Tugas Konsep Penerapan ERP Pada Perusahaan

Diberikan Oleh :

Ibu Julisar, SE., Ak, MM( D2481 )

Dikerjakan Oleh :

Kelompok 2

Friska ( 1100017242 )
Novianty ( 1100033416 )
Kelvindra Suryadi ( 1100033725 )
Lilia Chin( 1100037944 )
Steffanie Anggraeni( 1100038594 )
Marius( 1100042622 )
Yenny Susilawati( 1100049181 )

SISTEM INFORMASI DAN AKUNTANSI

07 P A Z

[pic]

Universitas Bina Nusantara

Jakarta

2010

Secara umum, seluruh sistem informasi perusahaan dapat digambarkan kedalam grafik berikut ini : [pic]
Gambar Diagram Umum Sistem Informasi Perusahaan

Dari gambar diatas, dapat dilihat sistem informasi internal perusahaan terdiri dalam 3 kelompok besar : - ERP adalah sistem inti perusahaan yang mengendalikan semua aspek internal perusahaan. - SCM adalah suatu sistem informasi untuk memudahkan pengendalian atas supplier. - CRM adalah sistem informasi untuk melakukan pengendalian atas konsumen perusahaan.

ERP - Enterprise Resource Planning

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah suatu sistem perencanaan dan penjadwalan dengan alat bantu komputer yang mengintegrasikan seluruh fungsi penjualan, produksi, akunting dan distribusi dengan sasaran untuk mengoptimalkan semua sumber daya material, sumber daya manusia dan kapasitas mesin. Aplikasi ERP biasanya terdiri dari modul-modul seperti Marketing dan Sales, Operasional lapangan, Produksi, Inventory Control, Procurement, Distribusi, Human Resources, Finance dan akuntansi.

Syarat terpenting dari sistem ERP adalah Integrasi. Integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.

Konsep dasar ERP dapat dilihat pada diagram di bawah ini :
[pic]
Gambar Konsep Dasar ERP
Berdasarkan gambar diatas, terlihat bahwa sistem ERP mengintegrasikan informasi dan proses proses yang berbasis informasi antar bagian dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sistem ERP terdiri atas beberapa subsistem (modul) yaitu sistem finansial, sistem distribusi, sistem manufaktur, sistem inventori, dan sistem human resource. Masing-masing subsistem terhubung dengan sebuah database terpusat yang menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masing-masing subsistem. Subsistem mewakili sebuah bagian fungsionalitas dari sebuah organisasi perusahaan. EVOLUSI SISTEM ERP

[pic]
Gambar Evolusi Sistem ERP

ERP berkembang dari manufacturing resouces planning (MRP II) dimana MRP II sendiri adalah hasil evalusi dari material requirement planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi persediaan (inventori), pengapalan, invois dan akunting perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Tahapan Evolusi ERP
a. Tahap I : Material Requirement Planning (MRP)
Merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material. b. Tahap II : Close-Loop MRP
Merupakan sederetan fungsi dan tidak hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyelesaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika diperlukan. c. Tahap III : Manufakturing Resource Planning (MRP II)

Merupakan pengembangan dari close loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu : perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan. d. Tahap IV : Enterprise Resource Planning

Merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan  dilakukan secara mudah. e. Tahap V : Extended ERP (ERP II)

Merupakan perkembangan dari ERP yang diluncurkan...
tracking img