Efektivitas Iklan Im3 Terhadap Peningkatan Jumlah Konsumen Di Institut Manajemen Telkom

Only available on StudyMode
  • Pages : 26 (5238 words )
  • Download(s) : 1079
  • Published : December 12, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I

PENDAHULUAN

Peneliti memilih tema Efektivitas kegiatan operasional pemasaran melalui iklan dan kegiatan marketing public relations IM3 di wilayah IMT karena peneliti melihat banyaknya mahasiswa yang berpindah ke Indosat-IM3 karena tertarik produknya melalui iklan.

Sehingga peneliti mengangkat tema ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berdasarkan pada factor tarif (telepon, SMS, MMS) terjangkau, harga voucer isi ulangnya murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang yang menyebabkan konsumen memilih indosat-IM3, dan mengetahui faktor utamanya dalam pemindahan merek tersebut.

Jenis penelitian ini adalah survey yang dilakukan pada mahasiswa Institut Manajemen TELKOM yang melakukan perpindahan merek dari provider lain ke provider Indosat-IM3. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menggunakan produk Indosat-IM3 di kalangan mahasiswa Institut Manajemen TELKOM. Sampel penelitian ini adalah 50 mahasiswa yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan accidental sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengambil responden yang kebetulan ada, dalam arti siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang ditemui itu cocok sebagai sumber data. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan wicoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kesesuaian kepuasan menunjukkan bahwa diantara faktor-faktor tarif, harga voucer, jaringan, hadiah, iklan, isi ulang yang paling mempengaruhi konsumen untuk membeli provider lain adalah tarif. Begitu juga dengan faktor utama yang dipilih konsumen antara tarif, harga voucer, jaringan, hadiah, iklan, isi ulang yang paling mempengaruhi konsumen berpindah produk ke Indosat-IM3 adalah tarif. Sedangkan berdasarkan hasil uji Wicoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan persepsi konsumen terhadap atribut kualitas jasa antara jasa telepon seluler yang satu dengan telepon seluler lain selain Indosat-IM3 sebelum melakukan perpindan merek. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen untuk berpindah pada penyedia jasa telepon seluler dari provider lain menuju Indosat-IM3 dipengaruhi oleh tarif telepon, SMS, MMS yang murah, harga voucer isi ulang yang murah, jaringan yang bagus dimana saja berada, ingin mendapatkan hadiah, atribut iklan yang menarik, dan Isi ulangnya ada dimana saja termasuk di kantor layanannya.

I.1Tinjauan Objek studi

Perusahaan melakukan promosi gencar-gencaran untuk meraih sebanyak mungkin konsumen merupakan hal yang biasa. Maklum saja, daya beli masyarakat rendah, serta menjamurnya competitor, membuat pihak manajemen perusahaan harus memutar otak namun dapat terus bertahan dan memenangkan persaingan. Namun, ditengah-tengah kondisi yang demikian, ternyata terdapat beberapa sector usaha yang memiliki kesempatan bertumbuh lebih baik dan memiliki tingkat profitabilitas lebih tinggi bila dibandingkan sector usaha lainnya. Banyak pengusaha memasukkan sector telekomunikasi sebagai salah satu sector usaha dengan profitabilitas yang tinggi di tahun 2006. Bagaimana tidak, dari waktu ke waktu akses komunikasi justru semakin mudah, murah dan cepat, termasuk di dalamnya teknologi telepon seluler. Tahun 2007 saja diperkirakan pelanggan seluler di Indonesia mencapai 80 juta, dan pada 2008 dan 2009 naik hingga 20% per tahunnya, ini adalah tujuan utama kegiatan operasionalnya.

Hal ini di satu sisi memang merupakan kesempatan emas bagi para operator layanan seluler, namun di sisi lain bukannya tanpa tantangan. Para operator seluler berlomba-lomba meraih kesempatan ini, membuat persaingan sangat ketat. Hal ini terlihat dari insentif yang ditawarkan, potongan harga yang tidak tanggung-tanggung serta intensitas penyampaian iklan yang begitu gencar.

I.2Latar...
tracking img