Dividend Signaling

Only available on StudyMode
  • Pages : 5 (1127 words )
  • Download(s) : 527
  • Published : October 13, 2008
Open Document
Text Preview
Dividend signaling theory menjelaskan bahwa informasi tentang dividen yang dibayarkan digunakan oleh investor akan diterjemakan sebagai sinyal perusahaan di masa mendatang. Sinyal perubahan dividen dapat dilihat dari reaksi harga saham. Reaksi harga saham dapat diukur dengan menggunakan return saham sebagai nilai perubahan harga atau dengan menggunakan abnormal return,yaitu imbal hasil berupa pergerakan harga saham di bursa yang tidak menggunakan growth normal. Pengumuman perubahan dividen dikatakan mempunyai kandungan informasi jika memberikan abnormal return yang signifikan terhadap pasar. Sebaliknya, pengumuman perubahan dividen dikatakan tidak mempunyai kandungan informasi jika tidak memberikan abnormal return yang signifikan terhadap pasar.

Secara teori terdapat tiga konsep tentang kebijakan dividen, yaitu:

Irrelevance theory. Teori ini menganggap bahwa kebijakan dividen tidak membawa dampak bagi nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak akan mempengaruhi nilai perusahaan.

Bird-in-the-hand theory. Teori ini berpendapat bahwa investor suka dividen karena kas yang diperoleh investor lebih bernilai daripada kekayaan yang diperoleh investor dalam bentuk lain. Apabila teori ini berlaku, harga saham perusahaan akan ditentukan oleh kebijakan dividen yang dilakukan perusahaan. Semakin tinggi dividen yang dibagikan, semakin tinggi pula nilai perusahaan.

Tax preference theory. Teori ini berpendapat bahwa investor tidak terlalu suka dividen karena dividen tidak dapat menjadi unsur pengurang pendapatan dalam pelaporan pajak penghasilan (non tax deductible).

Ada beberapa bentuk pemberian dividen tunai atau cash dividend yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Bentuk kebijakan dividen tersebut adalah:

1.Kebijakan pemberian dividen stabil
Kebijakan ini artinya dividen akan diberikan secara tetap per lembarnya untuk jangka waktu tertentu walaupun laba bersih yang diperoleh perusahaan berfluktuasi. Dividen stabil ini dipertahankan untuk beberapa tahun. Apabila laba yang diperoleh meningkat dan peningkatannya stabil, maka dividen juga akan ditingkatkan untuk selanjutnya dipertahankan selama beberapa tahun. Kebijakan pemberian dividen stabil ini banyak dilakukan oleh perusahaan karena beberapa alasan, yaitu; 1) dapat memberiakn snyal positif berupa peningkatan harga saham, sebab dividen yang stabil dan dapat diprediksi dianggap mempunyai risiko yang kecil; 2) dapat memberikan kesan kepada para investor bahwa perusahaan mempunyai prospek yang baik di masa yang akan datang dan 3) akan menarik investor yang memanfaatkan dividen untuk keperluan konsumsi, sebab terdapat kepastian bahwa dividen akan selalu dibayarkan.

2.Kebijakan dividen meningkat
Apabila kebijakan ini diterapkan, perusahaan akan membayarkan dividen kepada pemegang saham dengan jumlah yang selalu meningkat dengan pertumbuhan yang stabil. Efek positifnya, investor akan dengan mudah melakukan estimasi dividen yang akan diperoleh berdasarkan data historis growth pertumbuhan dividen.

3.Kebijakan dividen dengan rasio tetap
Kebijakan ini memberikan dividen yang besarnya mengikuti besarnya laba yang diperoleh perusahaan dengan jumlah dividen yang dibayarkan sebesar rasio tertentu dari laba bersih perusahaan. Semakin besar laba yang diperoleh maka akan semakin besar dividen yang dibayarkan, demikian pula sebaliknya. Rasio yang menjadi dasar pembagian dividen adalah dividend payout ratio.

4.Kebijakan pemberian dividen yang rendah ditambah ekstra
Dalam kebijakan ini, perusahaan menentukan jumlah pembayaran dividen dasar per lembar saham dalam jumlah nominal yang kecil. Jumlah ini kemudian akan ditambahkan dengan nominal tambahan (extra dividend) bila laba bersih perusahaan mencapai jumlah tertentu.

Dalam perkembangannya, kebijakan dividen tersebut ternyata relevan dengan persepsi publik terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen yang diambil juga seringklai diamati publik dan menajdi referensi dalam analisis taktital...
tracking img