Dampak-Dampak Hip-Hop

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1477 words )
  • Download(s) : 1152
  • Published : December 7, 2010
Open Document
Text Preview
2.1Pengertian Hip-Hop

Hip-Hop adalah tipe musik yang mengunakan gaya khas vokal Rapping atau mengunakan kata-kata yang berima dan dasar nya diiringi oleh instrumen-instrumen seperti piano, saksofon, atau seruling dan juga nada-nada yang di sintesiskan oleh seorang DJ atau Produsen musik. Hip-Hop pertama kali dipopulerkan di tahun 1970-an oleh “DJ Kool Herc” atau sekarang dikenal sebagai bapak Hip-Hop dikarenakan pada tahun 1970-an partai blok mulai menjadi sangat populer lebih spesifik nya adalah di Bronx, New York di mana orang pengaruh budaya orang-orang Afrika-Amerika dan Puerto Rican sedang menyatu, DJ-DJ yang pada masa itu memainkan musik-musik populer seperti Funk dan musik Soul mendapat banyak reaksi positif dari pendengar, Para DJ mulai mengisolasikan Ketuk-Ketuk (semacam suara drum) dari musik-musik populer dan sekarang tehnik ini dikenal sebagai “Dub Musik Jamaika” dan telah menyebar ke kota New York melalui immigran-immigran Jamaika. Mulai di sinilah DJ Kool Herc melahirkan tipe musik Hip-Hop ini dengan cara mengantikan latar belakang musik Reggae menjadi Funk, Soul, dan Disco dikarenakan pendegar musik di negara Amerika tidak menyukai tipe musik Dub ataupun Reggae. Hip-Hop umum nya didefinisikan oleh DJ Afrika Bambaataa menjadi 4 elemen yaitu “Rapping”, “DJ-ing”, dan “Sampling”

2.1.1Rapping

Adalah tehnik vokal yang menjadi bahan utama untuk Hip-Hop dengan menyanyi atau berpuisi dengan rima-rima yang panjang dan ber ciri khas sendiri setiap penyanyi atau sekarang lebih dikenal sebagai Rapper. Di dalam Rapping juga ada banyak elemen yang membuat tehnik ini membedakan dari cara menyanyi yang lain dan diantara nya yaitu Flow atau menyanyi dengan irama yang sesusai dengan latar belakang musik-musik, dan Rapper “Dead Prez” membagikan Flow-Flow ini menjadi 4 yaitu “The Chant” yang digunakan Lil Jon, “The Syncopated Bounce” yang digunakan Twista, “Straight Forward” yang digunakan 2Pac, dan terakhir “Rubik’s Cube” yang digunakan Common, tetapi secara alternatif sarjana musik Adam Krims menyatakan Flow-Flow ini dibagi menjadi 3 yaitu “Sung rhytmic style” yang diunakan Beatie Boys, “Percussion-Effusive style” yang digunakan Cypress Hill dan “Speech-effusive style” yang dipakai Big Pun.

2.1.2DJ-ing

DJ atau Disc Jockey adalah orang yang memilih dan memainkan lagu-lagu yang terekam untuk para pendengar. Ada beberapa tipe DJ di dunia musik dan salah satu nya adalah Hip-Hop Disc Jockey, DJ tipe ini bekerja sebagai pemain musik mengunakan beberapa alat untuk mengiringi 1 Rapper atau lebih.

2.1.3Sampling

Sampling dalam dunia musik adalah pengambilanya sebagian musik dan mengunakan nya sebagai instrumen atau mengunakanya untuk dijadikan berbeda suara. dan cenderung Sample diambil di satu bagian lagu contoh nya adalah “Break” atau “Intro”.

2.2Dampak-Dampak Negatif Musik Hip-Hop

Tentunya tidak sedikit masalah-masalah yang buruk dari mendengar nya banyak musik hip-hop. Yaitu disalah mengertikannya anak-anak dari menonton musik video dari Rapper yang tidak senonoh dan dijadikan kehidupan sehari-harinya.

2.2.1Gelar-Gelar Yang Tidak Baik

Para rapper Bawah tanah maupun yang sangat sukses sekarang cenderung memangil mereka sendiri sebagai gangster, dan ini sudah terbukti berpengaruh dampak-dampak negatif karena bagi anak-muda yang tidak mengerti akan melihat dan mengikuti apa yang dia suka maupun itu baik atau tidak, dan akhirnya mereka mengangap kehidupan menjadi gangster itu tidak apa-apa dan kriminalitas akan meningkat pesat.

Tidak hanya mereka mengakui menjadi Gangster, tetapi mereka juga mengakui diri-diri mereka sebagai “Pimp” atau Germo, yang artinya adalah induk dari para pelacur atau orang yang bekerja untuk menjual pelacur-pelacur tersebut.

2.2.2Merokok

Secara tidak langsung Rapper-Rapper yang merokok di dalam musik video mereka mempengaruhi anak-anak muda yang menonton dan mengangap nya itu keren dan hasil nya mereka mengikuti Rapper-Rapper kesukaan mereka yang...
tracking img